Jumat, 29 Maret 2024

KPK: Alih Status Pegawai Jadi ASN Sudah Sesuai Prosedur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Humas KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menegaskan proses pengalihan status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN), telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK di Jakarta, Jumat (30/9/2022) mengatakan, KPK menegaskan hal itu guna merespons putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, yang menolak permohonan gugatan mantan pegawai KPK terkait tes wawasan kebangsaan (TWK), dalam proses alih status pegawai KPK menjadi ASN.

“Benar. Dari informasi yang kami terima, Majelis Hakim PTUN Jakarta, Kamis (29/9/2022), untuk permohonan gugatan nomor perkara 46 dan 47 terkait dengan gugatan alih status pegawai KPK menjadi ASN, telah memutus pada pokoknya menolak gugatan para penggugat seluruhnya,” kata Ali Fikri dikutip Antara.

Putusan tersebut kembali menegaskan bahwa alih status pegawai KPK menjadi ASN telah sesuai mekanisme, prosedur, dan ketentuan yang berlaku. “Dari awal, kami, sebagai salah satu pihak tergugat, yakin dalil maupun argumentasi yang diajukan para penggugat akan ditolak,” tambahnya.

Dikutip dari laman sipp.ptun-jakarta.go.id, Jumat, gugatan tersebut tercatat dengan Nomor Perkara 47/G/TF/2022/PTUN.JKT. Selaku penggugat ialah Hotman Tambunan mantan pegawai KPK dan mantan pegawai KPK lainnya, sedangkan selaku pihak tergugat ialah pimpinan KPK RI, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, dan Presiden RI.

Dalam amar putusan, Majelis Hakim PTUN Jakarta menyatakan dalam eksepsi “menyatakan eksepsi tergugat I, tergugat II, dan tergugat III tidak diterima”.

“Dalam pokok perkara, menolak gugatan para penggugat untuk seluruhnya. Menghukum para penggugat untuk membayar biaya perkara dalam perkara ini sejumlah Rp655.650,” demikian bunyi putusan tersebut. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs