Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim Pastikan Tes Tulis Berbasis CAT Calon PPK Berjalan Lancar

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Rochani (kanan) Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Jatim saat meninjau pelaksanaan tes tulis calon anggota PPK menggunakan metode CAT untuk Pemilu 2024, Rabu (7/12/2022). Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur memastikan proses tes tulis metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 berjalan lancar.

“Semuanya berjalan baik. Bahkan, peserta terdampak APG Gunung Semeru Lumajang tetap bisa mengikuti sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ujar Rochani Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Jatim, Kamis (8/12/2022).

Seleksi tertulis calon anggota PPK di 38 KPU kabupaten/kota, kata dia, sudah dilaksanakan secara serentak pada 6-7 Desember 2022 dengan memperhatikan jumlah perangkat tersedia.

Ia menjelaskan bahwa penyediaan perangkat tes tertulis berbasis CAT tersebut dibantu pihak ketiga yang bertugas melakukan instalasi perangkat digunakan.

Pihak Ketiga, lanjut Rochani, sebagai mitra kerja KPU Kabupaten/Kota di antaranya lembaga SMA/SMK, perguruan tinggi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang berada di masing-masing daerah.

“Dalam pelaksanaan CAT, KPU Kabupaten/Kota juga menyiapkan computer admin dan server untuk mengakses soal (online), komputer atau laptop untuk peserta (offline), serta tempat pelaksanaan kegiatan,” ucapnya, seperti dikutip Antara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan 13 tim yang diturunkan KPU Jatim untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan seleksi tertulis, pelaksanaan CAT dapat berjalan baik dan tuntas hingga Rabu (7/12/2022).

Total 13 tim monitoring dan evaluasi KPU Jatim terdiri dari jajaran Pimpinan, pejabat struktural dan fungsional, serta staf.

Rinciannya, Tim 1 dengan daerah tujuan Kediri dan Kota Kediri dipimpin Choirul Anam Ketua KPU Jatim. Kemudian, Tim 2 daerah tujuan Kota Batu, Malang dan Kota Malang dipimpin oleh Rochani Divisi SDM dan Litbang.

Tim 3 tujuan Sidoarjo, dipimpin Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia. Berikutnya Tim 4 dengan daerah tujuan Kota Surabaya, dipimpin Pradini Kasubbag Hukum.

Tim 5 daerah tujuan Jember, Bondowoso, dan Situbondo dipimpin oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas Gogot Cahyo Baskoro. Lalu, Tim 6 dengan daerah tujuan Madura Raya dipimpin oleh Miftahur Rozaq Divisi Perencanaan dan Logistik.

Tim 7 daerah tujuan Probolinggo dan Kota Probolinggo dipimpin oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Insan Qoriawan, serta Tim 8 daerah tujuan Pasuruan dan Kota Pasuruan dipimpin oleh Muhammad Arbayanto Divisi Hukum dan Pengawasan.

Tim 9 daerah tujuan Magetan, Madiun dan Kota Madiun dipimpin oleh Sekretaris Nanik Karsini. Selanjutya Tim 10 daerah tujuan Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang dipimpin Suharto Kabag Keuangan Umum dan Logistik.

Tim 11 daerah tujuan Ngawi, Bojonegoro dan Nganjuk dipimpin Kabag Tekmas Popong Anjarseno. Tim 12 daerah tujuan Ponorogo, Trenggalek, dan Tulungagung dipimpin Yulyani Dewi pejabat fungsional.

Sedangkan, Tim 13 daerah tujuan Kabupaten Lumajang dipimpin Rizki Indah Susanti Kabag Hukum dan Sumber Daya Manusia. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs