Senin, 30 Januari 2023

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Sukseskan Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pelepasan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur untuk kegiatan KKN Angkatan ke-48 bertema “Desa Mandiri Menyongsong IKN” dilaksanakan pada Jumat pagi (17/6/2022). Foto: Humas Unmul

Sebanyak 200 mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kehadiran para mahasiswa peserta KKN tersebut diharapkan dapat ikut membangun kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara yang akan segera dimulai pada paruh kedua tahun ini.

Pelepasan kegiatan KKN Angkatan ke-48 bertema “Desa Mandiri Menyongsong IKN” dilaksanakan pada Jumat pagi (17/6/2022). Seremoni penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Masjaya Rektor Universitas Mulawarman kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh Andi Muhammad Ishak Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim.

Dhony Rahajoe Wakil Kepala OIKN yang hadir secara daring memberikan sambutan dalam seremoni tersebut, mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada para mahasiswa dan seluruh pihak yang berkontribusi untuk pelaksanaan KKN di wilayah IKN ini.

Dalam kegiatan KKN nanti, para mahasiswa akan membantu mengidentifikasi kondisi desa-desa wilayah Ibu Kota Nusantara sekaligus merumuskan solusi yang bisa dijalankan untuk menyongsong pembangunan IKN. Lewat pengumpulan data secara memadai dan perumusan masalah secara baik, diharapkan akan muncul alternatif solusi dan sekaligus uji coba model solusi yang diusulkan sebagai program kerja unggulan.

Aktivitas yang akan dilakukan di antaranya adalah pemetaan kebutuhan tenaga kerja dan peluang usaha serta pemetaan potensi warga lokal dalam mengisi kebutuhan dan peluang tersebut. Para mahasiswa juga akan mendalami budaya plural yang sudah ada di kalangan warga desa dan bagaimana mengembangkan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan kondisi sosial di mana perlu dibuatkan model-model interaksi yang baik antarwarga di IKN,” kata Dhony melalui keterangan pers.

Sebagaimana pernah disampaikan Bambang Susantono Kepala OIKN, pelaksanaan pembangunan Ibu Kota Nusantara akan segera dimulai paruh kedua 2022. Para mahasiswa KKN Unmul diharapkan dapat ikut terlibat langsung menyukseskan pembangunan yang akan segera dimulai untuk memenuhi visi Ibu Kota Nusantara “Kota Dunia untuk Semua”.(iss)

Berita Terkait