Selasa, 5 Juli 2022

Masyarakat Antusias Menonton Surabaya Vaganza HJKS Ke-729

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kemeriahan masyarakat Surabaya saat menunggu dimulainya Surabaya Vaganza, Sabtu (28/5/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Masyarakat memadati tepi Jalan Tunjungan sampai Gubernur Suryo untuk menyaksikan pawai bunga dan parade budaya Surabaya Vaganza dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya ke-729 pada Sabtu (28/5/2022).

Satu di antaranya Samanhudi, warga Kupang Segunting, Surabaya. Dia berangkat ke Jalan Gubernur Suryo tepatnya depan Gedung Negara Grahadi bersama ketiga anaknya.

“Parade untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ini sangat menggairahkan, karena menjadi simbol dari bangkitnya ekonomi dan kehidupan sosial di Kota Surabaya setelah pandemi,” ujar Samanhudi kepada suarasurabaya.net, Sabtu (28/5/2022).

Samanhudi merasa tahun ini lebih ramai dibanding tahun 2019, sebelum absen dua tahun karena pandemi, meski ada perubahan rute dan hari pelaksanaannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Yani, warga dari Ketintang Baru. Rute tahun ini relatif lebih pendek, tapi momen seremonial ini sangat dinantikan masyarakat Kota Surabaya.

“Semua kalangan dari atas dan bawah bisa melebur dan menikmati parade ini bersama-sama,” kata Yani.

Berdasarkan pantauan, antusiasme masyarakat sudah terlihat menjelang pukul 15.00 WIB dan mereka sudah mulai menggelar alas duduk di pinggir jalan agar bisa melihat lebih dekat kemeriahan Surabaya Vaganza. Namun, inisiatif dari masyarakat itu langsung ditertibkan oleh Satpol PP karena Jalan Gubernur Suryo masih belum ditutup dan masih ada lalu lalang kendaraan.

Di depan gedung Grahadi Pemerintah Kota Surabaya juga menyiapkan panggung atau tribun yang khusus disiapkan untuk undangan tamu, yaitu kawan-kawan difabel atau berkebutuhan khusus.

Petugas mengosongkan jembatan penyeberangan di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Sabtu (28/5/2022) pasca-terdengar suara diduga karena kelebihan beban manusia. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain itu, sejumlah masyarakat naik ke atas jembatan penyeberangan di depan SMA Negeri 6 Surabaya untuk menonton pawai bunga dan parade budaya Surabaya Vaganza.

Di tengah-tengah menunggu, tiba-tiba terdengar suara gemuruh yang cukup kencang dari jembatan. Diduga karena tidak kuat menahan beban banyaknya masyarakat yang menonton dari atas.

Seketika mereka langsung bergegas turun dan jembatan langsung dicek oleh Badan Penganggulangan Bencana Daerah Kota Surabaya (BNPB).

“Tadi dari bawah suara jembatannya sangat keras, dan jembatannya sempat getar,” kata Arif salah satu pengunjung yang menyaksikam dari bawah.

Panitia Surabaya Vaganza menyebutkan, nantinya jajaran kepala dinas dan wali kota akan berjalan terlebih dahulu dari Jalan Tunjungan menuju ke depan Balai Pemuda.

Pawai bunga dijadwalkan akan mulai pukul 15.00 WIB dan dilanjutkan Parade Budaya pada pukul 18.00 WIB.(wld/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs