Sabtu, 20 April 2024

Menag Minta KUA Tidak Mengurus Pernikahan Saja

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama. Foto: Kemenag

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, ingin Kantor Urusan Agama (KUA) tidak sekadar mengurus pernikahan, tetapi juga menjadi media penggerak praktik moderasi beragama serta aktivitas sosial lainnya.

“Pelayanan KUA harus prima, tidak semata kantor urusan asmara, tapi sesuai namanya, yaitu Kantor Urusan Agama,” pintanya  dalam rilis Raker Ditjen Bimas Islam Kemenag, Jumat (4/3/2022) mengutip Antara.

Revitalisasi KUA menjadi salah satu program prioritas demi meningkatkan layanan keagamaan bagi masyarakat hingga level terbawah.

Menurutnya dengan revitalisasi ini KUA tidak sekadar mencatat pernikahan saja, lebih dari itu diharapkan memiliki peran strategis sebagai pusat data dan unit layanan langsung keagamaan hingga tingkat kecamatan. “Urusan agama sangat banyak, dari lahir sampai mati. jangan sampai saat ada masyarakat yang ingin dilayani, kita tidak berada dalam posisi sempurna untuk melayani,” terangnya.

Revitalisasi telah dilakukan pada 106 KUA pada 2021. Tahun ini, Kemenag menargetkan proses revitalisasi bisa dilakukan pada 1.000 KUA di seluruh Indonesia. “Anggaran yang tersedia saat ini baru cukup untuk 250 KUA. Kita akan cari solusi anggarannya, semoga bisa kita capai dalam waktu dekat,” tambahnya.

Sementara itu Kamaruddin Amin Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, mendorong dibentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di KUA sebagai salah satu bentuk layanan bagi masyarakat. Menurutnya, layanan ini adalah upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah sebagai sarana pemberdayaan ekonomi umat.

“Kalau UPZ KUA terbentuk, dampaknya dahsyat sekali untuk pemberdayaan ekonomi umat dengan terus bersinergi bersama Baznas dan BWI,” kata dia.

Hingga saat ini terdapat tujuh UPZ KUA yang sudah terbentuk. Ia meyakini program Revitalisasi KUA dengan semua dukungannya ini akan berjalan dengan mulus. “Pasti ada tantangan, tapi dengan semangat, visi, dan komitmen yang sama kita yakin ini akan terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs