Jumat, 29 Maret 2024

Menhub Menyiapkan Pelabuhan Tambahan untuk Mengurai Kemacetan di Merak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi (kiri) Menteri Perhubungan saat meninjau pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten yang akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Sabtu (30/4/2022). Foto: Humas Kemenhub

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) pada Sabtu (30/4/2022), meninjau langsung pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten yang akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan, untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Menhub memimpin langsung proses pengoperasian dermaga Ciwandan, mulai penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal, sampai masuknya kendaraan yang dialihkan ke dermaga tersebut.

“Kami akan siapkan 9 kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini,” kata Budi Karya dalam keterangannya yang dikutip Antara.

Selain Ciwandan, Menhub mengungkapkan, sejak kemarin sudah dioperasikan dermaga tambahan lainnya di Pelabuhan Indah Kiat.

Di pelabuhan tersebut telah disiapkan dua kapal, yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I.

Seperti diketahui, animo masyarakat yang sangat tinggi utuk mudik Lebaran 2022, mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Menhub menyampaikan, telah menyetujui usulan Kapolres Cilegon, untuk mengimbau masyarakat menunda terlebih dahulu perjalanan menyeberang ke Merak, untuk menghindari makin padatnya pelabuhan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam,” ujar Menhub.

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry, jumlah lonjakan penumpang di Pelabuhan Penyeberang Merak pada tahun ini lebih tinggi sekitar 40 persen dibandingkan dengan mudik tahun 2019 sebelum pandemi.

Tercatat sejak Jumat (29/4/2022), sebanyak 32 ribu kendaraan dalam sehari, berangkat melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak. Jumlah ini lebih besar ketimbang puncak mudik tahun 2019 yang mencapai sekitar 20 ribu kendaraan. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs