Sabtu, 20 April 2024

Pelabuhan GSN Kembali Terima 1.000 Pemudik Sore Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penumpang dari KM Gunung Dempo yang turun dari jalur bawah di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara, Jumat (29/4/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kapal Motor (KM) Gunung Dempo yang sebelumnya berlayar dari Makassar telah sampai di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN),  pada Jumat (29/4/2022) sore pukul 15.00 WIB

Dhany Rahmat Agustian GM Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang menyampaikan, kedatangan KM Gunung Dempo dari Makassar ini membawa sekitar 1.526 orang penumpang yang turun di pelabuhan tersebut.

Jumlah ini lebih sedikit dari penurunan kapal KM Sinabung pada Kamis (28/4/2022) siang kemarin, yang mencapai kurang lebih 3.000 penumpang turun, dengan keberangkatan yang sama dari Makassar.

“Sore ini penumpang kapal turun dari KM Sinabung jumlahnya 1.526 orang,” kata Dhany kepada suarasurabaya.net.

Kendati tidak sepadat kemarin, pihak GSN hanya membuka pintu dari gerbang satu dan penumpang turun melalui jalur bawah, dan tidak menggunakan pintu Garbarata yang berada di lantai 2 pelabuhan.

Selain KM Gunung Dempo yang datang pada pukul 15.00 WIB tadi, KM Umsini dari Makassar yang sebelumnya melakukan perjalanan dari NTT, dijadwalkan tiba di GSN kurang lebih pukul 18.00 WIB.

Sementara itu, Indra Kurnia Operasional Terminal Penumpang menyebut, jumlah penumpang KM Umsini dari Makassar sama dengan sore ini.

“Kedatangan kapal nanti malam jumlahnya kurang lebih sama dengan sore ini, akses lewat penumpang juga sama melalui pintu satu,” ujar Indra.

Indra menyebut, kapasitas pemudik kapal di Idulfitri tahun ini relatif lebih sedikit karena adanya pembatasan dibanding dua tahun sebelum adanya pandemi

“Meski junlahnya terus meningkat, tapi dibanding dua tahun sebelum pandemi dalam satu kapal bisa mencapai kurang lebih 6.000 penumpang, sedangkan hari ini kebijakannya paling maksimal 3.000 penumpang,” imbuhnya.

Sejak Minggu (17/4/2022) hingga Senin (25/4/2022), GSN sudah mulai menampung pemudik dengan total terbanyak, yakni sejumlah 19.000 orang yang didominasi penumpang dari Kota Banjarmasin, Kalimantan, Sulawesi, dan Makassar.

Selain itu, pelabuhan yang masih terus menerima peningkatan jumlah pemudik ini , akan terus melakukan segala persiapan antisipasi. Mulai dari posko vaksinasi, jalur datangnya pemudik di Pelabuhan, hingga tempat penjemputan yang boleh masuk ke halaman pelabuhan. (wld/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs