Kamis, 25 April 2024

Menparekraf: Indonesia Ajukan Diri Menjadi Dewan Eksekutif UNWTO 2023-2037

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
menteri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-sandiaga-uno-3_169 Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Kemenparekraf

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan Indonesia bakal mengajukan diri sebagai Dewan Eksekutif United Nations World Tourism Organization/UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia) pada periode 2023-2027.

Kepercayaan diri untuk mengajukan Indonesia menjadi Dewan Eksekutif itu diambil Menparekraf setelah kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan transformasi di sektor pariwisata yang menyita perhatian dunia.

“Mulai dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam sidang umumnya mengundang kita, dan UNWTO melihat langkah-langkah strategis kita ini sebagai suatu terobosan dan inovasi yang bisa digunakan sebagai best practice,” kata Sandiaga Uno di Jakarta melansir Antara , Selasa (21/6/2022)

Karena itu, atas beberapa masukan dari pihak UNWTO, pemerintah memperoleh dukungan untuk menawarkan diri menjadi anggota Dewan Eksekutif lembaga tersebut untuk periode 2023-2027.

Sandiaga mengharapkan partisipasi Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif bisa dimanfaatkan untuk mengangkat isu-isu kekinian, pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, serta pariwisata berbasis komunitas yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Sehingga, kebangkitan pariwisata dan momentum dari kepulihan ini bisa terjaga dan berpihak kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta produk-produk ekonomi kreatif,” ungkap Menparekraf.

Sebelumnya, Kemenparekfra membahas beberapa peluang kerja sama dengan Organisasi Pariwisata Dunia di sela-sela rangkaian acara “34th Joint Meeting of the UNWTO Commission for East Asia and the Pacific and the UNWTO Commission for South Asia” di Malé, Maladewa, Selasa (14/6).

Dalam kesempatan kunjungan di Maladewa itu, Ni Wayan Giri Sekretaris Kemenparekraf menemui Zurab Pololikashvili Sekretaris Jenderal UNWTO untuk menyampaikan terima kasih atas dukungan organisasi UNWTO terhadap Indonesia dalam forum G20.

“Kami juga mengundang Sekjen UNWTO untuk hadir pada G20 Tourism Ministerial Meeting pada 26 September 2022 yang akan diselenggarakan back to back dengan World Tourism Day,” kata Ni Wayan.

Ni Wayan melangsungkan pertemuan dengan Harry Wang Departemen Regional Asia dan Pasifik UNWTO guna membahas persiapan Indonesia yang mengajukan diri sebagai Dewan Eksekutif UNWTO mewakili wilayah Asia Timur dan Pasifik periode 2023-2027.

Selain membahas persiapan Indonesia menjadi Dewan Eksekutrif, Ni Wayah juga mengajak kerjasama UNWTO dalam persiapan pelaksanaan World Tourism Day yang mencakup rencana teknis peserta dan narasumber. Serta memberikan UNWTO panggung dalam bentuk konferensi, seminar, maupun workshop.

“Harapannya melalui kegiatan ini sektor pariwisata Indonesia bisa semakin maju dan berkembang dengan baik,” ujar Ni Wayan.(wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs