Kamis, 25 April 2024

Muhammadiyah Siapkan SDM Unggul Songsong IKN Nusantara

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Logo Muhammadiyah

Organisasi Muhammadiyah menyatakan akan menyiapkan sumber daya manusia di Kalimantan Timur yang unggul dalam menyongsong Ibu Kota Negara Nusantara.

Mariman Darto Wakil Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur dalam keterangan yang dilansi Antara, Minggu (30/1/2022), mengatakan tak ingin warga asli Kalimantan Timur tidak bisa mengikuti perubahan yang terjadi akibat adanya pemindahan ibu kota.

Untuk itu, Muhammadiyah terus melakukan pengembangan diri agar dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu dan kualitas pendidikan masyarakat.

“Lahirnya Universitas Muhammadiyah Kaltim menambah energi baru penyelenggaraan pendidikan terbaik di Kaltim, ini menjadi sangat penting. Bahkan dari sisi pengembangan dosen Muhammadiyah saat ini ada yang melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri. Kami menyongsong IKN dengan sangat siap,” tuturnya.

Selain perguruan tinggi, untuk pendidikan dasar, menengah dan atas juga terus ditingkatkan, bahkan, Muhammadiyah membangun satu pesantren guna membangun karakter dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang tangguh dan mampu menghadapi tantangan ke depannya.

“Untuk kesehatan, pengembangan rumah sakit sudah mulai kami lakukan di beberapa tempat. Dan Muhammadiyah sudah menyiapkan dua perusahaan, untuk mengantisipasi perubahan,” ujarnya.

Hal itu, kata dia sebab masuknya perusahaan besar lainnya di Kaltim juga perlu diantisipasi. Dia mengatakan ada dua PT bergerak infrastruktur disiapkan Muhammadiyah.

“Namun, tetap yang utama adalah membangun kesadaran masyarakat untuk siap dengan adanya IKN,” ucap Mariman.

Sementara, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memastikan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menjadi tempat pengukuhan pengurus baru PBNU Masa Khidmat 2022-2027.

Selain itu, PBNU juga akan membangun kantor, rumah sakit, kampus dan pesantren di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Mariman Darto menyambut baik penyelenggaraan pengukuhan pengurus baru PBNU di Kalimantan Timur. Hal itu kata dia sekaligus menjadi bukti Kalimantan Timur sebagai episentrum bagi Indonesia dan dunia setelah adanya keputusan pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara.

“Pengukuhan pengurus baru PBNU ini menambah kuat keyakinan kami, bahwa Kalimantan Timur laik jadi episentrum bagi Indonesia dan dunia,” katanya.

Dia menilai, pemilihan Balikpapan sebagai lokasi pengukuhan pengurus adalah upaya PBNU mendukung rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara.

Sehingga, menurut dia hal itu menjadi momentum bagi semua pihak untuk bersinergi untuk memastikan kesiapan pendidikan, kesehatan, sosial dan masyarakat.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs