Kamis, 25 April 2024

MUI: Vaksin Covid-19 IndoVac Produksi Bio Farma Aman dan Halal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Vaksin IndoVac produksi Bio Farma. Foto: Antara

Vaksin Covid-19 IndoVac produksi PT Bio Farma (Persero) resmi mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 29 Juli 2022.

Sertifikasi halal tersebut terbit setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) membahas dan menetapkan fatwa tentang kehalalannya.

“Vaksin IndoVac yang didaftarkan Bio Farma difatwakan suci dan halal,” kata KH Asrorun Ni’am Sholeh Ketua MUI Bidang Fatwa dalam keterangan tertulis yang diterima Antara dari Humas Bio Farma, Kamis (6/10/2022).

Menurut Kiai Niam, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI telah melakukan serangkaian audit aspek kehalalan terhadap Vaksin IndoVac sesuai dengan standar fatwa MUI.

’’Selain ditetapkan halal dan suci, Vaksin IndoVac boleh digunakan setelah adanya jaminan keamanan dari BPOM, melalui persetujuan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) sebagaimana disampaikan Kepala BPOM pada akhir September lalu. Prinsipnya, selain halal, juga harus thayyib. Jadi, selain halal, vaksin IndoVac juga sudah boleh digunakan, karena ada jaminan keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Honesti Basyir Direktur Utama Bio Farma (Holding BUMN Farmasi), mengatakan bahwa tim riset dan pengembangan Vaksin IndoVac sejak awal telah mendesain vaksin SARS-CoV-2 ini, untuk memenuhi prinsip kehalalan.

Selanjutnya, Bio Farma mendaftarkan Vaksin IndoVac yang diproduksi dengan teknologi subunit protein recombinant ini ke LPPOM MUI untuk melakukan serangkaian audit aspek kehalalan.

“Alhamdulillah, Vaksin IndoVac resmi memperoleh Fatwa dan Ketetapan Halal dari MUI, yang kemudian menjadi dasar penerbitan Sertifikat Halal oleh BPJPH. Kami memastikan seluruh proses dan rantai produksi Vaksin IndoVac, mulai bahan baku, proses hingga produknya telah memenuhi persyaratan produk halal. IndoVac telah memenuhi kebutuhan aspek halal dan thayyib yang memperkuat jaminan kualitas dan keamanan atas vaksin ini,” kata Honesti. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs