Kamis, 25 April 2024

Pakar: Belum Ada Laporan NeoCoV Menular Pada Manusia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi - Varian baru virus Coronavirus, Covid-19 SARS-CoV-2. Foto: Shutterstock/Antara

Prof Tjandra Yoga Aditama pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia menyebutkan hingga saat ini belum muncul laporan virus NeoCoV menular pada manusia.

“NeoCoV ini baru berdasar analisa di laporan artikel. Sejauh ini belum menulari manusia,” kata Tjandra Yoga Aditama yang dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (30/1/2022).

Tjandra mengatakan pada laporan artikel tersebut potensi dari mutasi NeoCoV berisiko menimbulkan masalah pada manusia. “Jadi sekarang belum bermutasi dan belum tentu juga akan bermutasi lagi atau tidak, bisa saja tetap seperti sekarang dan tidak bermutasi lagi,” ujarnya seperti yang dilansir Antara.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu juga menyampaikan teori lain yang menyebut NeoCoV adalah virus corona penyebab MERS CoV dan juga penyebab COVID-19.

“Maka orang dapat saja berteori bahwa kalau nanti NeoCoV bermutasi maka bisa saja diduga bahwa penularannya akan seperti COVID-19 dan fatalitasnya seperti MERS CoV, tapi ini kalau NeoCoV bermutasi ke arah itu, bisa saja mutasinya. Kalau pun ada, akan ke arah lain lagi,” katanya.

Guru Besar Paru FKUI itu mengatakan NeoCoV sampai saat ini tidak bermutasi ke arah menyerang manusia, meskipun potensi itu tetap ada.

Menurut Tjandra hal yang perlu dilakukan sekarang adalah pemantauan perkembangan NeoCoV oleh para ahli melalui perkembangan bukti ilmiah yang valid.

“Harus diketahui bahwa mungkin saja dari waktu ke waktu ada virus jenis baru. Ini sudah terjadi sejak dulu, tetapi sekarang karena pandemi COVID-19 maka semua orang jadi sangat memperhatikan itu,” katanya.

Kepada masyarakat Tjandra mengimbau untuk mengambil berita dari sumber yang dipercaya, atau mengonfirmasi pada sumber yang tepat. “Jangan cepat mengambil kesimpulan yang mungkin keliru dan apalagi jangan sampai panik yang sama sekali tidak diperlukan,” katanya.

Virus NeoCoV awalnya dilaporkan oleh ilmuan asal China. Virus baru itu disebut lebih ganas serta diklaim sebagai varian COVID-19 terbaru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kemunculan NeoCoV masih perlu diteliti lebih lanjut.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs