Selasa, 27 September 2022

Panglima TNI Perkuat Kerja Sama Pertahanan Dengan Prancis

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi dari Angkatan Bersenjata Prancis, Minggu (14/8/2022). Foto: Tangkapan layar kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa.

Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI memperkuat kerja sama pertahanan dan keamanan dengan Prancis, melalui pengadaan alutsista dan rencana latihan bersama pada Mei 2023.

“Saya akan sangat tertarik dengan inovasi baru. Saya yakin, Anda (Prancis) akan menampilkan begitu banyak vendor, perusahaan, dan lain sebagainya,” kata Jenderal Andika dikutip Antara dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, dipantau Antara, Minggu (14/8/2022).

Indonesia dan Prancis telah melakukan berbagai kerja sama khususnya di bidang pertahanan dan keamanan, melalui pengadaan alutsista dan berbagai kerja sama lainnya. Untuk itu, Panglima TNI melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi dari Angkatan Bersenjata Prancis untuk berdiskusi terkait beberapa rencana kerja sama yang akan berjalan.

TNI direncanakan akan melakukan latihan bersama dengan “France Armed Forces”, yang akan dilaksanakan secara gabungan. Dalam hal ini, TNI juga menjadi satu-satunya angkatan bersenjata di kawasan Asia Tenggara yang diundang secara langsung untuk berpartisipasi dalam latihan bersama.

Panglima TNI sangat mendukung terlaksananya program latihan bersama ini, dan langsung memastikan jika TNI akan berpartisipasi dengan mengirimkan Korps Marinir. Jenderal TNI Andika Perkasa berharap, latihan ini dapat menambah pengalaman dan kemampuan prajurit TNI. “Saya akan pastikan Marinir juga ikut untuk perkembangan yang signifikan bagi marinir,” kata dia.

Andika mengatakan, TNI akan terus berusaha menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan berbagai negara termasuk Prancis, untuk terus mengembangkan kemampuan prajurit.

Dalam kesempatan tersebut, M Taczanowski yang merupakan delegasi Prancis mengatakan bahwa pihaknya merencanakan untuk melakukan latihan bersama pada Mei 2023, dan mengundang Indonesia untuk turut berpartisipasi.

“Latihan kami rencanakan bulan Mei tahun depan. Namun, untuk perencanaan, dari tim perencana kami perlu menerima secara resmi keikutsertaan secepatnya,” kata Taczanowski. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
29o
Kurs