Rabu, 24 April 2024

Pelebaran Jalan Pertigaan Bangah Aloha Sidoarjo Dimulai Bulan Agustus

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
situasi-kepadatan-kendaraan-di-pertigaan-bangah-aloha Situasi kepadatan kendaraan di pertigaan Bangah-Aloha, Sidoarjo yang sudah berlangsung tahunan lamanya. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menargetkan pelebaran jalan pertigaan Bangah Aloha, Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dimulai pada bulan Agustus tahun 2022. Pelebaran dilakukan karena pertigaan jalan Bangah dinilai menjadi penyebab kemacetan.

Setidaknya ada 58 bangunan yang akan dibongkar untuk kepentingan pelebaran jalan menuju Desa Wage, Kecamatan Taman tersebut. Pertigaan nantinya akan dilebarkan ke barat sekitar 4 meter dengan total panjang 225 meter, termasuk sisi selatan dan utara.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo meminta kepada Dinas PU Bina Marga Sidoarjo agar proyek pelebaran jalan di bundaran Aloha tersebut paling lambat Agustus sudah tuntas lelang dan langsung dilakukan pengerjaan.

“Targetnya Agustus bulan depan sudah mulai dikerjakan. Pembangunannya kita kebut karena harus selesai tahun ini. Tahun 2023 akan dilakukan pembangunan Flyover Aloha,” ujar Ahmad Muhdlor Ali, Kamis (7/7/2022).

Pihaknya menjelaskan, pelebaran jalan pertigaan Bangah-Aloha itu merupakan proyek Pemkab Sidoarjo, dan di luar proyek Flyover Aloha. Ia melihat dalam peta pembangunan Flyover Aloha tidak menyentuh pertigaan Bangah, padahal di situ selama ini menjadi penyebab kemacetan karena akses jalan yang sempit sudah tidak layak menampung kendaraan keluar masuk.

“Pelebaran jalan ini di luar proyek Flyover Aloha. Salah satu penyebab kemacetan di Bundaran Aloha ini dikarenakan akses keluar masuk di jalan pertigaan Bangah sangat sempit. Oleh karenanya perlu dilebarkan lagi. Pembangunannya kita kebut tahun ini,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Rizal Asnan Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga SDA menjelaskan, sejauh ini tahapan pelaksanaan proyek pelebaran jalan pertigaan Bangah Aloha berjalan sesuai rencana.

“Sekarang bulan Juli ini sudah masuk tahapan lelang. Selanjutnya Agustus bulan depan pengerjaannya sudah bisa dimulai. Bangunan yang dibongkar kurang lebih 58 bangunan. Targetnya sebelum akhir tahun rampung,” terang Rizal.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs