Kamis, 28 Maret 2024

Penumpang Luar Kota Berdatangan di Terminal Purabaya Jelang Puncak Arus Balik

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana di jalur kedatangan Terminal Purabaya yang mulai dipadati penumpang sekitar pukul 14.30 WIB, Jumat (6/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Jatim memprediksi hari pertama puncak arus balik di Terminal Tipe A Purabaya dimulai pada Jumat (6/5/2022). Hingga sore hari, jalur kedatangan mulai dipadati penumpang terutama bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Kristina Amurwani Staf Administrasi Terminal Tipe A Purabaya mengatakan, data sementara hingga pukul 13.00 WIB sebanyak 316 bus tiba di jalur kedatangan. Hampir separuh dibandingkan kemarin, Kamis (5/5/2022) yang mencapai 729 bus di jalur kedatangan dalam waktu sehari.

“Sebanyak 316 itu yang bus AKDP 236 unit, AKAP 80,” Kristina merinci.

Rata-rata bus yang datang jenis AKAP dari Solo, Yogyakarta, Jakarta menuju Surabaya.

“Ada yang habis itu transit ke Kediri, Tulungagung, sama Malang,” tambah Kristin lagi.

Menurut Kristin jumlah ini masih akan terus bertambah terutama mulai sore ini. Sementara perkiraan puncak arus balik dengan jumlah kedatangan paling tinggi nanti pada Minggu (8/5/2022).

“Kita prediksi mulai H-3, jadi sebelum masuk tanggal 9, H-3 nya hari ini. Puncaknya hari Minggu tanggal 8 Mei mendatang. Tapi ya ini kita memperkirakan,” ujarnya.

Kristin berpendapat pada arus balik kali ini lebih minim kendala seperti keterlambatan bus yang menjemput di jalur keberangkatan.

“Kita sudah koordinasi dengan PO (Perusahaan Otobus) kalau sudah ada penumpang yang menunggu untuk mengirimkan bus bantuan tapi itu kemarin pas arus mudik. Kalau arus balik ini memang yang paling banyak bus masuk ke Purabaya jadi tidak perlu penambahan armada. Kalau untuk bus keberangkatan sudah tidak ada kendala, memadai,” paparnya.

Sementara pantauan suarasurabaya.net hingga pukul 15.00 WIB bus baik AKAP maupun AKDP bergantian tiba di jalur kedatangan Terminal Tipe A Purabaya. Meski begitu tidak sampai terjadi penumpukan, karena masing-masing bus hanya berhenti sekitar kurang dari 5 menit untuk menurunkan penumpang.

“Kalau penumpukan Insya Allah tidak ada karena bus yang datang juga cuma menurunkan penumpang. Penumpang yang ke Surabaya kita arahkan naik bus kota, yang ke luar kota kita arahkan ke bus AKDP,” kata Kristina.

Berdasarkan data resmi dari akun instagram @terminalpurabaya_ sejak Selasa (3/5/2022) hari pertama dimulainya arus balik, jumlah bus yang datang hingga hari ini, Jumat (6/5/2022) berturut-turut 512, 838, 729, dan terakhir 316 sampai pukul 13.00 WIB. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs