Sabtu, 20 April 2024

Perbaikan Saluran Kota Surabaya Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Armuji, Wakil Wali Kota Surabaya meninjau pembangunan saluran di pusat Kota Surabaya, Jumat (19/8/2022). Foto: Antara

Pemerintah Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur berupaya menyelesaikan perbaikan sistem saluran untuk meminimalkan risiko banjir semasa hujan sesuai rencana, yakni sebelum Desember 2022.

Pembangunan saluran di kawasan Jalan Penghela yang direncanakan terkoneksi dengan rumah pompa Alun-Alun Contong dimulai pada 21 Agustus dan ditargetkan selesai sebelum Desember 2022.

“Kami minta pengerjaan mulai awal sampai selesai diawasi betul agar sesuai spesifikasi. Masyarakat juga turut mengawasi. Hasil yang diinginkan adalah bagaimana saat musim hujan mengurangi genangan tengah kota,” kata Armuji, Wakil Wali Kota Surabaya, seperti yang dikutip Antara, Sabtu (20/8/2022).

Ia menambahkan, bahwa pemerintah kota Surabaya membenahi sistem saluran air serta membangun rumah pompa di tengah kota dalam upaya meminimalkan risiko banjir pada musim hujan.

“Pekerjaan rumah banyak tantangannya. Beban saluran air meningkat karena pemukiman, pusat perkantoran, dan perdagangan juga makin banyak tumbuh di pusat kota. Untuk itu, perlu disiasati melalui revitalisasi saluran tengah kota agar berimbang,” jelas Armuji.

Ia menambahkan, pembangunan dan perbaikan sistem saluran air untuk mencegah genangan semasa hujan dilakukan di beberapa bagian wilayah Surabaya termasuk di kawasan Selatan, mulai dari Jambangan, Gayungan, Jemursari, Rungkut, hingga Medokan Ayu.

“Mengatasi genangan air menjadi salah satu agenda prioritas kerja Pemkot Surabaya pada tahun ini,” kata Armuji.

Pemkot, sudah memetakan area yang sering tergenang semasa hujan serta melakukan berbagai pembenahan untuk mengatasinya, antara lain dengan melakukan pengerukan sedimen, pelebaran dan pendalaman drainase, serta penyambungan saluran air. (ant/des/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs