Jumat, 19 April 2024

PLN Dukung Inovasi ITS Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Salah satu mahasiswa ITS sedang mengerjakan kerangka motor trail berenergi listrik. Foto: Humas ITS

PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) berikan dukungan studi pengembangan inovasi ekosistem kendaraan listrik yang saat ini tengah dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Dukungan yang diberikan melalui PLN Peduli ini, mencakup pengembangan inovasi dalam mendukung Smart Eco Campus dan Inkubasi Bisnis untuk startup pengembang inovasi di bawah pengelolaan ITS.

Hamzah Senior Manager Komunikasi & Umum PLN UID Jatim dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (1/9/2022) menyebut, PLN telah melihat besarnya inovasi yang dilakukan ITS dalam mengembangkan berbagai sarana pendukung ekosistem kendaraan listrik.

Diawali dengan pengenalan Gesits yang kini telah diproduksi massal, ITS terus melakukan pengembangan lain untuk mewujudkan kendaraan listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau.

“Kolaborasi ini kami harapkan bisa menjadi dorongan inovasi tanpa henti yang dapat bermanfaat bagi masyarakat ke depannya, terlebih saat ini PLN juga mulai berfokus dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Semoga inovasi ini dapat memberikan pilihan untuk masyarakat agar lebih yakin beralih menggunakan kendaraan listrik,” terang Hamzah.

Sementara itu, bentuk dukungan yang diberikan PLN, yakni pengembangan motor listrik “Bangkits Cenderawasih” berupa motor trail dan konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke listrik.

Motor listrik “Bangkits Cenderawasih” berupa motor trail yang tengah dikembangkan ITS bekerjasama dengan PLN UID Jatim. Foto: Humas ITS

Selain pengembangan produk kendaraan listrik, ITS juga memiliki beberapa startup yang memproduksi barang-barang hasil inovasi dan bernaung dibawah inkubasi bisnis yang dikelola kampus. Kehadiran PLN Peduli diyakini mampu mendorong startup ini bertahan dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Ia menilai dukungan terhadap startup inovatif ini dapat meningkatkan persaingan bisnis dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik ke depan. Dari sejumlah startup yang tergabung dalam inkubasi bisnis ITS, selanjutnya akan dipilih untuk memperoleh pendanaan untuk pengembangan usaha melalui PLN Peduli.

Agus Muhammad Hatta Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi ITS mengatakan, kolaborasi dengan PLN menjadi kerjasama yang baik dan mendukung satu sama lain. “Dengan bantuan ini, tentu mahasiswa juga akan lebih semangat ketika inovasi yang dihasilkan mendapat apresiasi sehingga iklim inovasi akan terus terjaga,” ujarnya. (bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs