Kamis, 25 April 2024

PN Donggala Kibarkan Sang Merah Putih Dalam Laut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tim penyelam Pengadilan Negeri Donggala mengucapkan HUT ke- 77 RI dari dalam laut kedalaman 12 meter di pantai Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (17/8/2022). Foto: Humas PN Donggala

Pengadilan Negeri (PN) Donggala, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, mengibarkan bendera merah putih di dalam laut, dengan kedalaman 12 meter untuk memperingati HUT ke-77 RI.

“Kami merangkaikan dengan HUT MA oleh karena itu bendera MA juga dikibarkan di dalam laut,” kata Ni Kadek Susantiani Ketua Pengadilan Negeri Donggala, kepada Antara usai pengibaran bendera bawah laut di Donggala, Kamis (18/8/2022 dini hari.

Ia menjelaskan pengibaran bendera di dalam laut antara teluk Palu dan selat Makassar itu, untuk menggambarkan dalamnya nilai-nilai keadilan yang dijunjung tinggi untuk setiap proses hukum yang berlangsung.

Selanjutnya, kata Susantiani, hal tersebut untuk menunjukkan bahwa hukum Indonesia turut menjamin serta memberikan perlindungan terhadap keberlangsungan hidup biota laut.

“Maknanya kurang lebih seperti itu agar masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan laut tidak dengan cara-cara yang melanggar hukum diantaranya seperti bom ikan,” ujarnya.

Dalam pengibaran bendera di kedalaman 12 meter itu, lanjut Susantiani, PN Donggala melibatkan lima penyelam yang tidak lain adalah pegawai setempat, yakni Anggi Sophian, Yohanes Manalu, Dearman Saragih, Imas Angga Pradhita dan Muhammad Habib Jauhar Arifin.

“Lima pegawai ini memang sudah sering melakukan rutinitas menyelam di tengah padatnya pengabdian mereka terhadap negara di Pengadilan Negeri Donggala, dan alhamdulillah penyelaman ini didukung cuaca yang cerah sehingga berjalan lancar,” ujarnya.

Susantiani juga menyampaikan, tujuan lain dari pengibaran bendera merah putih dan bendera MA di dalam laut, adalah untuk memasifkan promosi wisata bahari Kabupaten Donggala yang memiliki 17 gugus bunga karang.

“Karena seluruh daerah pengadilan di Indonesia memiliki keunggulan wisata masing-masing baik dari segi budaya maupun keindahan alam lainnya, maka kami dari PN Donggala ikut menyemarakkan HUT RI dan MA dengan ikut mempromosikan wisata bahari Donggala untuk memberi motivasi ke masyarakat agar melakukan hal yang sama,” pungkasnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs