Kamis, 18 Agustus 2022

Polisi Selidiki Pencuri 12 Lampu Sorot Taman di Median Jalan Raya Waru Sidoarjo

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Taman di median Jalan Raya Waru Sidoarjo yang dipasangi lampu sorot RGB, Selasa (5/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak 12 Lampu sorot jenis RGB (Red, Green, Blue) di sepanjang taman median Jalan Raya Waru Sidoarjo dicuri. Peristiwa itu diketahui sekitar dua minggu terakhir saat petugas melakukan pengecekan.

Bakri, tukang becak yang biasa mangkal di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Waru Sidoarjo saat ditemui suarasurabaya.net mengatakan, sudah dua mingguan terakhir tidak lagi melihat lampu sorot warna-warni menyala di sepanjang taman. Bakri mengira, lampu itu sengaja dicopot petugas dinas terkait.

“Biasanya nyala merah, hijau, biru, bagus mengarah ke pohon-pohon. Tidak pernah lihat juga ada yang ngambil siang-siang. Saya kira diambil sama petugas pemerintah,” kata Bakri, Selasa (5/7/2022) siang.

Sementara itu Bahrul Amig Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo membenarkan bahwa dari total 40 lampu sorot jenis RGB yang terpasang di sepanjang taman, 12 di antarnya hilang. Kehilangan itu diketahui sekitar dua minggu lalu, saat petugas melakukan pengecekan ke lokasi.

“Sepanjang catatan kami, dari akhir 2021 lampu dipasang, baru ini dicuri,” kata Amig kepada suarasurabaya.net, Selasa (5/7/2022) siang.

Amig menambahkan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah lampu sorot RGB yang hilang, 28 lampu lainnya sengaja dicopot sampai penyelidikan kepolisian menemukan titik terang.

“Mahal harganya, 1 unitnya bisa Rp 8 juta. Nanti kita akan pasang lagi tapi dengan sistem keamanan yang dipertimbangkan,” tambahnya.

Secara terpisah, Priastono Herlambang Sub Koordinator Pengendali Layanan Kebersihan dan RTH DLHK Sidorarjo menyampaikan lelang anggaran yang digunakan untuk membuat lampu RGB dan taman median sebesar Rp3,8 miliar.

“Anggaran awal sebesar Rp4 miliar, namun setelah proses pelelangan jadi Rp3,8 miliar,” ujarnya.

Selanjutnya, kejadian ini sudah dilaporkan ke Mapolsek Waru untuk penyelidikan lebih lanjut. Amig juga mengatakan pihakna akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Sidoarjo untuk pengecekan rekaman kamera CCTV yang terpasang di JPO Waru Sidoarjo.

“Semoga bisa merekam gambar yang mengarah ke taman median jalan itu, nanti kabid terkait akan mengecek,” pungkasnya.

Saat ini laporan pencurian tersebut sudah diproses. Kompol Bunari Kapolsek Waru Sidoarjo saat dikonfirmasi membenarkan adanya pencurian lampu taman itu, hingga kini pihaknya sedang melakukan penyelidikan.(lta/wld/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 18 Agustus 2022
26o
Kurs