Jumat, 19 April 2024

Polres Malang Imbau Warga Tidak Gelar Takbir Keliling

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Pawai Takbir Keliling. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Kepolisian Resor Malang mengimbau warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk tidak melakukan takbir keliling menjelang Idulfitri 1443 Hijriah.

AKBP Ferli Hidayat Kapolres Malang mengatakan, imbauan untuk tidak melakukan takbir keliling tersebut karena berpotensi memicu kerumunan orang dan bisa terjadi penyebaran Covid-19.

“Masyarakat kami imbau untuk tidak melakukan takbir keliling, untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus Corona,” kata Ferli, Sabtu (30/4/2022) seperti dikutip dari Antara.

Ferli menjelaskan, masyarakat melakukan takbir di masjid menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, terutama memakai masker.

“Kami mengimbau masyarakat untuk melakukan takbir di masjid-masjid, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker,” katanya.

Supaya masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling, Polres Malang sudah melakukan pembinaan kepada Paguyuban Sound System Korwil Wagir, di Desa Parangargo, Kabupaten Malang.

Aiptu Purnomo Kanit Binmas Polsek Wagir menambahkan, pertemuan dengan paguyuban tersebut perlu dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kegiatan takbir keliling yang berpotensi menyebabkan kerumunan.

“Tujuan kami untuk melakukan langkah antisipasi perayaan malam Lebaran, mengingat sudah menjadi kebiasaan warga untuk melakukan takbir keliling dengan menggunakan pengeras suara dan kendaraan besar,” ucapnya.

Dia bilang, kegiatan takbir keliling memiliki risiko yang besar. Selain menyebabkan kemacetan di jalan umum, juga menimbulkan kerumunan yang berpotensi menyebarkan virus Corona, serta ada risiko kecelakaan lalu lintas.

“Selain mengakibatkan kemacetan di jalan umum dan juga menimbulkan kerumunan, juga berisiko menyebabkan kecelakaan yang bisa merenggut korban jiwa,” imbuhnya.

Dengan adanya pertemuan dengan Polres Malang tersebut, Paguyuban Sound System Wagir sepakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling dan mengemas kegiatan takbir di masjid yang ada di desa masing-masing.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs