Kamis, 25 April 2024

Polresta Sidoarjo Sterilkan Gereja, Jaga Keamanan Ibadah Natal

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jajaran kepolisian Polresta Sidoarjo waktu meninjau salah satu Gereja di Sidoarjo, Sabtu (24/12/2022). Foto: Humas Polresta Sidoarjo.

Sebanyak 750 polisi dari jajaran Polres Kota Sidoarjo disebar di beberapa titik untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Misa Natal 2022 dari berbagai potensi gangguan.

Para anggota disebar di Gereja Elohim, Gereja Santa Maria Annuntiata, Gereja Salib Suci, serta beberapa gereja lainnya.

Sterilisasi dilakukan mulai dari depan gereja, lokasi parkir, pintu masuk gereja, taman di sekitar gereja, hingga bagian dalam sampai altar. Bahkan pemeriksaan dilakukan di pot-pot bunga bahkan tempat sampah.

Kompol Kadek Oka Suparta Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Sidoarjo mengatakan pihaknya menjamin rasa aman dan nyaman kepada umat Kristen yang akan menjalankan Misa Natal.

Bahkan Polresta Sidoarjo turut menurunkan tim Penjinak Bom (Jibom) dari Sat Brimob Polda Jatim untuk upaya preventif sterilisasi ancaman teror di gereja-gereja Sidoarjo.

“Semua sudut kami lakukan pemeriksaan, untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi para jemaat yang akan melakukan ibadah saat Hari Raya Natal,” kata Kompol Kadek Oka Suparta, Sabtu (24/12/2022).

Kadek Okta menambahkan, saat berlangsungnya Misa Natal semua jemaat dan pihak pengurus gereja diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, jaga jarak, dan menyediakan tempat cuci tangan.

Selain itu, para jemaat juga diharuskan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau ketiga.

Sekedar diketahui, 750 personel Polresta Sidoarjo dan jajaran itu melibatkan unsur dari TNI, Satpol PP, Banser, dan pihak terkait lain.

“Selain prioritas pada faktor keamanan gereja dan jemaat. Personel gabungan juga mengimbau disiplin protokol kesehatan benar-benar penerapannya saat berlangsung ibadah Misa Natal 2022,” tambahnya.(wld/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs