Jumat, 26 April 2024

Polri Periksa 18 Anggota yang Amankan Laga Arema FC Lawan Persebaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol Dedi Prasetyo Kadiv Humas Polri, saat menggelar konferensi pers di Mapolres Malang, Senin (3/10/2022). Foto: Bidhumas Polda Jatim

Irjen Pol. Dedi Prasetyo Kadiv Humas Polri menyatakan bahwa kepolisian sudah memeriksa 18 anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) .

“Tim Litsus (Penelitian Khusus) dan Propam (Profesi dan Pengamanan) Polri sudah melakukan pemeriksaan terhadap 18 orang anggota yang bertanggung jawab sebagai operator senjata pelontar. Dimintai keterangan oleh Litsus dan Propam,” kata Irjen Dedi di Kabupaten Malang, Senin (3/10/2022) dikutip Antara.

Dedi menjelaskan jika Polri juga tengah mendalami keterangan manajer pengamanan dari pangkat perwira hingga perwira menengah.

Mengenai penggunaan gas air mata dalam pengamanan pertandingan, Irjen Dedi mengatakan hal tersebut menjadi materi yang sedang didalami tim.

“Ini bagian dari materi yang didalami. Eskalasi yang di lapangan dengan SOP. Eskalasi kontigensi emergency sifatnya bagaimana, kontingensi plan, dan emergency plan bagaimana. Hal tersebut bakal diaudit,” katanya.

Polri, katanya, sedang melakukan pemeriksaan di level manajerial penanganan lapangan terkait penggunaan gas air mata di Stadion Kanjuruhan.

“Sedang dimintai keterangan di level manajerial penanganan lapangan. Biar tim kerja dulu. Tunggu dulu. Asas kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan jadi standar,” ujarnya.

Dedi mengungkapkan pihaknya telah memeriksa beberapa saksi, antara lain Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, ketua Panpel Arema FC dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim terkait tragedi di Kanjuruhan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs