Kamis, 18 April 2024

Prakiraan Cuaca di Jatim, Siang Hingga Sore Diprakirakan Turun Hujan di Wilayah Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi hujan disertai petir dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda pada Sabtu (2/7/2022) memprakirakan secara umum dari pagi hingga dini hari wilayah Jawa Timur dan sekitarnya cuaca cerah berawan, dengan ada potensi hujan intensitas ringan hingga lebat disertau petir.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai petir serta angin kencang pada siang sampai sore hari di wilayah Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Kemudian suhu udara di Jawa Timur dan sekitarnya hari ini antara 14-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 50-95 persen. Sedangkan untuk arah angin, dominan dari Tenggara-Timur, dengan kecepatan 05-30 km/jam.

 

Sementara itu keterangan tertulis dari BMKG Maritim Perak Surabaya menyampaikan cuaca maritim di wilayah perairan Jawa Timur pada Sabtu (2/6/2022) secara umum berpotensi hujan ringan. Ini dapat terjadi di Selat Madura Bagian Barat.

Kondisi angin didominasi dari Timur – Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian Timur 17 Knots (31 km/jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 23 knots (43 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.5-1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.8-2.0 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.3-4.5 meter.

Waspada tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs