Minggu, 25 Februari 2024

Presiden Berlebaran di Yogyakarta, Wapres Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, hari ini, Senin (2/5/2022), melaksanakan Ibadah Salat Idulfitri di masjid yang ada di dalam Kompleks Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara, hari ini, Senin (2/5/2022), melaksanakan Ibadah Salat Idulfitri di masjid yang ada di dalam Kompleks Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Perayaan tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya, di mana Presiden dan Ibu Negara selalu berlebaran di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Lewat pesan video, Presiden dan Ibu Negara mengucapkan selamat Idulfitri serta memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh masyarakat.

“Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Jokowi dan Ibu Iriana, Minggu (1/5/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala Negara juga bersyukur Lebaran tahun ini masyarakat sudah bisa melakukan kegiatan pulang kampung (mudik).

Dengan begitu, umat Muslim yang dua tahun terakhir harus menahan rindu, sekarang bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Sementara, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, hari ini punya agenda melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Noor Achmad Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menjadi khatib, dan KH Hasanuddin Sinaga sebagai imam.

Pelaksanaan Salat Idulfitri berjemaah di Istiqlal menjadi yang perdana sesudah vakum dua tahun karena  pandemi Covid-19.

Pihak Masjid Istiqlal mengimbau jemaah menjaga protokol kesehatan, terutama memakai masker, memastikan dalam kondisi sehat, dan membawa sajadah sendiri.

Sesudah Salat Idulfitri, Wakil Presiden dijadwalkan mudik ke kampung halamannya di daerah Banten.

Walau wabah Virus Corona di Tanah Air sudah cukup terkendali, baik Jokowi Presiden dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden tidak menggelar silaturahmi terbuka (open house) untuk menghindari kerumunan orang.(rid/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
26o
Kurs