Jumat, 26 April 2024

Pentingnya Tetap Memakai Masker Selama Momen Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anak-anak menggunakan masker. Foto: Pixabay

Penggunaan masker sebaiknya tetap Anda terapkan pada hari Idulfitri nanti, demi mencegah terkena Covid-19.

Terkait hal ini, Dr. Amaka Kate Uzu konsultan Kedokteran Keluarga di Bareen International Hospital Abu Dhabi juga menekankan, agar kita lebih rajin mencuci tangan, menjaga jarak sosial, terutama bila tergolong dalam kelompok semisal lansia dan memiliki penyakit komorbid, serta menghindari tempat-tempat ramai dan pertemuan besar.

Dia menambahkan, setiap orang yang menunjukkan gejala terkait Covid-19, sebaiknya tidak keluar rumah dan menjadi bagian dari perayaan apa pun.

Di sisi lain, Dr. Nasrullah Jakhrani Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Bur Dubai (AJMC), seperti dikutip Antara dari Khaleej Times pada Minggu (1/5/2022), juga menekankan penerapan protokol kesehatan bahkan saat orang-orang merayakan Lebaran.

Menurut dia, bahkan selama Salat Ied, orang-orang harus tetap menjaga jarak sosial dan memakai masker setiap saat.

“Sangat ideal untuk menghindari jabat tangan. Mematuhi tindakan pencegahan tidak hanya akan melindungi anda dan orang lain dari infeksi, tetapi juga akan melindungi dari infeksi virus lain seperti flu,” ujar Nasrullah.

Terkait masker, Dr. Jaya Geetha Dokter Spesialis Penyakit Dalam di NMC Specialty Hospital Abu Dhabi, menganjurkan untuk selalu membawa masker cadangan. Selain itu, lanjut dia, kita harus mencoba untuk membatasi perayaan dengan bertemu langsung terutama dengan anggota keluarga yang tak serumah, misalnya melalui panggilan video, jika memungkinkan.

Geetha juga menekankan pentingnya perhatian ekstra bagi mereka yang bepergian ke luar negeri selama masa liburan Lebaran. Menurutnya, ketersediaan air minum dan makanan yang aman perlu dijamin.

“Bakteri Shigella dapat ditularkan melalui makanan yang terinfeksi atau dengan minum atau berenang di air yang tidak aman,” kata dia.

Gejala paling umum infeksi Shigella yakni diare dan bisa berdarah, kram perut, demam, mual, kehilangan nafsu makan dan sakit kepala. Langkah-langkah kebersihan umum termasuk mencuci tangan dengan sabun dan air menjadi penting untuk mengurangi penularan. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs