Sabtu, 20 April 2024

Presiden Jokowi Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Mensesneg Pratikno (kiri) melakukan shalat sunah tahiyatul masjid saat tiba di dalam masjid untuk melaksanakan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal pada Minggu, 10 Juli 2022.

Salat Idul Adha dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh imam Salim Ghazali. Antara melaporkan, khotbah disampaikan oleh KH Mohammad Nuh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, yang mengangkat tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan”.

Selain dihadiri oleh masyarakat, salat Id juga akan diikuti oleh para pimpinan lembaga negara, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara sahabat dan pejabat pemerintah.

Bersama Presiden Jokowi, hadir pula antara lain Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI, Anwar Usman Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga adik ipar Presiden Jokowi, Sandiaga Salahudin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jazilul Fawaid Wakil Ketua MPR, Erick Thohir Menteri BUMN, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, dan pejabat lainnya.

Sebelum salat Idul Adha dilaksanakan, takbir dan tahlil terus dilantunkan.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal pada tahun ini merupakan yang perdana pascapandemi Covid-19.

Presiden Jokowi mengenakan jas abu-abu, kemeja putih, sarung warna merah dan hitam serta kopiah hitam mengambil tempat di baris paling depan di samping Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Tahun ini, Masjid Istiqlal membolehkan 150 ribu orang untuk melaksanakan salat Id. Jamaah melaksanakan salat hingga lantai 4 Masjid Istiqlal.

Pada Idul Adha tahun ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton.

Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia.

Pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan pada Senin (11/7/2022) pagi.

Perolehan hewan kurban di Masjid Istiqlal pada tahun ini adalah sapi 32 ekor dan kambing 16 ekor.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs