Jumat, 26 April 2024

Presiden: Penyatuan Tanah dan Air di IKN Bentuk Kebinekaan dan Persatuan Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima tanah dan air dari Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dalam acara Kendi Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (14/3/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia menjadi tonggak sejarah Bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita besar lewat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pernyataan itu disampaikan Presiden pada Upacara Kendi Nusantara, Senin (14/3/2022), di Kawasan Titik Nol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

“Hari ini, Senin 14 Maret 2022 kita hadir bersama sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ujar Jokowi.

Pada momen itu, hadir gubernur dan perwakilan kepala daerah dari 34 provinsi, serta 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur.

Seluruh gubernur dan yang mewakili membawa gumpalan tanah juga beberapa liter air dari daerahnya, kemudian diserahkan ke Kepala Negara.

Presiden menjelaskan, penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut merupakan simbol kebinekaan, serta lambang persatuan erat seluruh elemen Bangsa Indonesia.

“Ini merupakan bentuk kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan ibu kota negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada seluruh gubernur, lembaga-lembaga tinggi negara, MPR RI, DPR RI, DPD RI, Mahkamah Agung, Mahkamah Konsitusi, Badan Pemeriksa Keuangan, Komisi Yudisial dan seluruh komponen masyarakat dalam mendukung proses pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Mudah-mudahan kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah Swt., memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini,” tandasnya.

Selepas acara Kendi Nusantara, Presiden, Ibu Negara beserta para gubernur dan sejumlah menteri yang hadir menanam pohon bersama.

Presiden menanam pohon meranti merah, sementara Ibu Iriana menanam pohon kamper. Sedangkan para gubernur menanam pohon khas dari daerahnya masing-masing.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs