Minggu, 4 Desember 2022

Program Surabaya Bergerak Turut Membangun Kepedulian Lingkungan Warga Jajar Tunggal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga membersihkan sampah tumbuhan yang menyumbat saluran air saat kerja bakti dalam program Surabaya Bergerak di Jalan Wiyung Indah RW 6 Jajar Tunggal Wiyung, Minggu (13/11/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Program Surabaya Bergerak sudah diresmikan pada Kamis (10/11/2022), bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Dalam pelaksanaannya, banyak wilayah di puluhan kelurahan di Surabaya yang ikut serta memeriahkan giat kerja bakti, Minggu (13/11/2022) pagi.

Salah satunya di Kelurahan Jajar Tunggal Wiyung Surabaya, tepatnya di RW 06. Kegiatan kerja bakti tersebut membangun kepedulian para warga terhadap lingkungan.

Tikno Widyastoto Ketua RW 06 Jajar Tunggal menyampaikan, adanya Program Surabaya Bergerak kembali memotivasi warga untuk mengadakan kegiatan kerja bakti rutin.

“Program Surabaya Bergerak ini bagus. Warga kami gerakkan untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya saat ditemui suarasurabaya.net pada Minggu (13/11/2022) pagi.

Tikno juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap hijau, bersih, dan asri.

“Tanaman kami tambah terus mulai tanaman pangan, buah, toga. Taman bermain juga harus dirawat,” tambahnya.

Sejumlah warga membersihkan area Balai RW 6 Jajar Tunggal Wiyung saat kerja bakti dalam program Surabaya Bergerak, Minggu (13/11/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Tikno dan Emilia istrinya berusaha merangkul warga agar tercipta lingkungan masyarakat yang guyub dan kompak. Dengan adanya program Surabaya Bergerak, warga dapat berkumpul bersama dan menjalin silaturahmi.

Ketua RW 06 yang sudah menjabat selama dua periode itu berharap, dengan adanya program tersebut, Surabaya semakin bersih, asri, dan nyaman sebagai tempat tinggal.

“Kalau program itu terus berjalan, saya yakin lingkungan akan terjaga dan membentuk kepedulian warga yang secara rutin membersihkan lingkungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Agus Supriyadi Ketua RT 02 RW 06 Jajar Tunggal menyampaikan kegiatan kerja bakti hari ini akan berlangsung sampai sore, dan dilanjutkan hingga hari penjurian Surabaya Smart City (SSC) tahap 3, Selasa (15/11/2022).

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green,Clean and Modern International City dan PT. SIER.

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan, sekaligus mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(red/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
25o
Kurs