Rabu, 24 April 2024

Ramah Lingkungan, Siswa Al-Azhar Bungkus Daging Kurban dengan Daun Jati

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Siswa SMP Al-Azhar Surabaya memanfaatkan daun jati yang tumbuh subur di pekarangan sekolah untuk mengemas daging kurban, Senin (11/7/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Pelajar Al Azhar Yayasan Pesantren Islam Jawa Timur Kampus Pakuwon Surabaya melaksanakan kegiatan kurban menperingati Iduladha 1443 Hijriah secara eco green atau ramah lingkungan.

Hazard Hanafi Ketua kegiatan kurban Al Azhar Jawa Timur menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan Senin (11/7/2022) pukul 07.00- 12.00 WIB dimulai dari aktvitas melakukan kegiatan pengumpulan, penyembelihan, pencacahan, pemencelan dan penimbangan serta melakukan pembagian daging hewan kurban kepada yang berhak menerima.

Usai penimbangan yang dilakukan oleh siswa, daging tersebut ditempatkan ke daun jati dan dikemas dengan besek.

“Penggunaan daun jati dan besek ini sejalan dengan program pemerintah Kota Surabaya melarang pengunaan plastik dan keresek seperti yang telah diterapkan di berbagai tokoh dan pusat perbelanjaan di Surabaya,” jelas Hazard Hanafi kepada suarasurabaya.net, Senin (11/7/2022).

Siswa Al-Azhar siap mendistribusikan daging kurban menggunakan wadah ramah lingkungan, Senin (11/7/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Untuk penggunaan daun jati, diperoleh di pekarangan sekolah yang memang tumbuh subur. “Ini sekaligus menanamkan kesadaran kepada pelajar bahaya sampah plastik yang sukar terurai sehingga kita lebih memilih daun jati yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Hazard Hanafi dilakukan serentak di seluruh AL Azhar di Jawa Timur, dengan total hewan kurban 5 sapi dan 30 kambing.

Sementara itu Sultan Ambo siswa kelas VIII, turut antusias mengikuti prosesi kegiatan kurban. “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu sesama manusia dan kaum dhuafa yang kurang berkecukupan dan mengajak lebih peduli menjaga kelestarian alam dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan,” kata Sultan Ambo.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs