Jumat, 19 April 2024

Selandia Baru Berkomitmen Perkuat Kerja Sama Pendidikan dengan RI

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Chris Hipkins Menteri Pendidikan Selandia Baru dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/10/2022). Foto: Antara

Pemerintah Selandia Baru menyatakan komitmen untuk memperkuat kerja sama pendidikan dengan Indonesia, sebagaimana tercermin dalam kunjungan Chris Hipkins Menteri Pendidikan ke Jakarta.

“Saya di sini untuk menyampaikan pesan yang sangat sederhana. Pemerintah Selandia Baru tetap berkomitmen kuat untuk pendidikan internasional dan khususnya, hubungan pendidikan bilateral dengan Indonesia,” kata Hipkins dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Mengutip dari Antara, kunjungan ini merupakan kali pertama bagi Hipkins sebagai Menteri Pendidikan Selandia Baru.

Menurut Hipkins, kerja sama di bidang pendidikan antar kedua negara masih banyak potensi yang dapat dieksplorasi.

“Ada banyak potensi di Indonesia untuk sektor pendidikan internasional Selandia Baru. Saya bangga dengan banyaknya kemitraan dan koneksi pendidikan yang telah dimiliki institusi Selandia Baru di Indonesia dan saya tertarik untuk mengeksplorasi kemungkinan kemitraan atau koneksi lain di kemudian hari,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Selandia Baru telah membuka kembali akses perbatasan sejak 31 Juli bagi warga negara asing (WNA) yang ingin berkunjung ke Selandia Baru, termasuk pelajar internasional.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, yang berlangsung dari 24 hingga 26 Oktober, ia dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan dari berbagai kementerian, termasuk Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan, Suharso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Pratikno Menteri Sekretariat Negara, serta Andin Hadiyanto Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Kunjungan resmi tersebut mencerminkan posisi penting Indonesia bagi sektor pendidikan internasional Selandia Baru. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar ke-10 untuk Selandia Baru dengan 722 pendaftaran siswa internasional di semua sub-sektor pada tahun 2021.

Melalui LPDP, Selandia Baru sudah menerima 125 penerima beasiswa dari tahun 2013 hingga 2020, menurut Kedubes Selandia Baru.

Pada Agustus lalu, Selandia Baru telah menandatangani Perjanjian Kerja sama Pendidikan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di mana ASN kementerian tersebut akan dikirim untuk menempuh pendidikan tingkat magister dan doktoral dalam bidang Energi Terbarukan mulai tahun 2023.

“Kunjungan Hipkins ke Indonesia bertujuan untuk meningkatkan hubungan pendidikan dua arah antara Indonesia dan Selandia Baru melalui penjajakan lebih lanjut untuk melihat peluang kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan pelatihan kejuruan,” katanya.(ant/tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs