Minggu, 28 April 2024

Selesai Acara di Titik Nol IKN, Presiden dan Ibu Negara Langsung Merapat ke Area Kemah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menikmati pemandangan alam dari sekitar tenda tempatnya menginap, di IKN, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara telah selesai mengikuti serangkaian kegiatan di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3/2022) siang.

Kegiatan di IKN antara lain Upacara Kendi Nusantara yang menyatukan tanah dan air dari 34 provinsi, dan penanaman pohon khas tiap daerah.

Sore hari sesudah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan, Presiden dan Ibu Negara bergeser ke tenda tempatnya menginap dan bermalam, yang berada di area perkemahan sekitar 2,7 kilometer dari Titik Nol IKN.

Selain milik Presiden, terdapat juga tenda para menteri dan rombongan yang ikut menginap di area perkemahan.

Setibanya di lokasi, Presiden berdiskusi dengan Erick Thohir Menteri BUMN, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, serta Bambang Susantono bersama Dhony Rahajoe selaku Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN.

Sebelumnya, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden dalam keterangan pers di Balikpapan, Minggu (13/3/2022) mengatakan, pihaknya telah menyiapkan keperluan menginap Presiden dengan sederhana, tanpa mengurangi aspek keamanan.

“Menginap di IKN tentunya apa adanya. Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain dan tentunya tidak mengurangi keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Tri Budi Utomo Komandan Paspampres bilang, selain pengamanan fisik, pihaknya juga melakukan upaya pencegahan lain dari ancaman binatang liar dan penyakit, khususnya malaria.

“Sudah kami fogging yang ada di sana. Kemudian juga untuk keamanan lainnya yaitu di sekitaran tenda-tenda, terutama di sekitar VVIP, sudah kami sebarkan juga garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata dan itu pun juga kita siapkan bisa antiular yang juga akan berguna. Namun, mudah-mudahan tidak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman,” jelas Komandan Paspampres.(rid/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs