Sabtu, 11 Mei 2024

Sidang Promosi Doktoral Hasto Kristiyanto Akan Dihadiri Sejumlah Petinggi Negara

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri saat menghadiri sidang promosi Doktoral Hasto Kristiyanto di Universitas Pertahanan (Unhan). Foto: istimewa

Megawati Soekarnoputri Presiden kelima RI menghadiri sekaligus menjadi Penguji 1 (pertama) dalam sidang promosi terbuka program Doktor Hasto Kristiyanto di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan, Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin, (6/6/2022) siang.

Bersama Megawati akan jadi penguji, sejumlah profesor yakni Prof. Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan selaku penguji eksternal 1, Jenderal Pol (Purn) Prof. Muhammad Tito Karnavian selaku penguji eksternal 2, Prof Komarudin sebagai penguji eksternal 3, Prof. Evi Fitriani yang juga Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia selaku penguji eksternal 4, dan Prof. Pantja Djati Guru Besar Universitas Trisakti selaku penguji eksternal 5.

Sebagai penguji internal program doktoral Hasto, selain Megawati ialah Prof Banyu Perwita Prof. Irdam Ahmad dan Mayjen TNI. Joni Widjayanto yang juga bertindak menjadi Ketua Sidang didampingi Herlina Saragih Sekretaris Sidang.

Prof. Purnomo Yusgiantoro Mantan Menteri Pertahanan menjadi Promotor untuk Hasto meraih gelar doktor. Prof. Laksdya TNI Amarulla Octavian Rektor Universitas Pertahanan merupakan Kopromotor 1 dan Letjen TNI Purn I Wayan Midhio selaku Kopromotor 2.

Dalam disertasi program doktoralnya, penelitian yang diambil Hasto berjudul ‘Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara.’

Selama dua tahun kurang lebih menjadi mahasiswa program studi Ilmu Pertahanan, pria asal Yogyakarta ini meneliti banyak tentang kiprah sang Proklamator saat memimpin awal Republik Indonesia, terutama ide dan gagasannya mengenai geopolitik terhadap pertahanan negara.

Berdasarkan informasi, sejumlah pejabat setingkat Menteri dan Pimpinan Lembaga Negara akan hadir menyaksikan Ujian Terbuka Promosi Doktor Hasto Kristiyanto. Berdasarkan tata letak di ruangan Aula Merah Putih terlihat kursi untuk Puan Maharani Ketua DPR yang kursinya sejajar dengan Muhammad Prananda Prabowo sang kakak dan istri di sisi kanan depan. Masih satu barisan kursi dengan Puan dan Prananda, terlihat kursi untuk Nadiem Anwar Makarim Mendikbudristek dan Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI.

Di jajaran kabinet tampak tempat duduk di barisan sisi kiri: Prabowo Subianto Menhan, Suharso Monoarfa Menteri PPN/ Kepala Bappenas , Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Isma Yatun Ketua BPK RI dan Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sementara kursi di baris kedua tampak kursi untuk Yasonna Laoly Menkumham, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM, Tri Rismaharini Menteri Sosial, Arifin Tasrif Menteri ESDM, Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, serta Andi Widjajanto Gubernur Lemhanas.

Yoseph Aryo Adhi Dharmo Kepala Sekretariat DPP PDIP mengatakan kursi yang telah diberi nama itu telah mengonfirmasi untuk hadir.

“Nama-nama yang ditaruh pada kursi memang telah mengonfirmasi akan hadir dalam sidang doktor Mas Hasto,” jelas Adhi.

Dijelaskannya, sebagai kandidat doktor, podium Hasto saat pemaparan disertasi berada di samping kiri berhadapan dengan para penguji.

“Berdasarkan gladi kemarin, Mas Hasto akan memberi paparan sekitar 20 menit,” tambah Adhi.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
28o
Kurs