Senin, 29 April 2024

Sidang Tuntutan JE Berlangsung Tertutup di Ruangan Berkaca Buram

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ruang sidang pembacaan tuntutan untuk JE, terdakwa kekerasan seksual digelar di Pengadilan Negeri Malang, Rabu (27/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sidang tuntutan JE, terdakwa kasus kekerasan seksual SMA SPI Batu kembali digelar di Ruang Cakra Pengadilan Negeri Malang pukul 10.00 WIB, Rabu (27/7/2022). Berbeda dengan 20 persidangan sebelumnya, kaca bening ruang sidang berganti jadi kaca buram.

Sebelumnya awak media bisa mengambil gambar dari balik kaca depan ruang sidang saat belum berlangsung. Tapi hari ini hanya bisa melihat dari batasan pagar pemisah antara ruang sidang dan ruang tunggu, saat sesekali orang keluar masuk ruang sidang.

Terpantau sekitar pukul 09.15 WIB, dua kuasa hukum JE, salah satunya Jeffry Simatupang sudah siap memakai jubah advokat di depan ruang sidang. Berbeda dengan sidang tuntutan yang dijadwalkan sebelumnya, Rabu (20/7/2022), sidang sempat molor beberapa menit karena menunggu kehadiran lima orang tim kuasa hukum JE secara lengkap.

Tidak sampai pukul 09.30 WIB, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), salah satunya Edi Sutomo Kasi Intel Kejari Batu terlihat datang dan langsung memasuki ruang sidang.

Kaca Ruang Cakra PN Malang pada sidang tuntutan Rabu (20/7/2022) yang kemudian ditunda. Foto: Tim Grafis suarasurabaya.net

Kaca berganti buram di Ruang Cakra PN Malang, tempat sidang tuntutan JE digelar, Rabu (27/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pintu ruang sidang kemudian tertutup sebelum pukul 10.00 WIB, sesuai jadwal sidang tuntutan JE yang tertera di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Malang.

Sekitar pukul 11.25 WIB, pintu ruang sidang yang tanpa penjagaan polisi itu terbuka dari dalam. Lima orang kuasa hukum JE keluar bersamaan ke kamar mandi bersama dengan seorang JPU untuk buang air kecil.

Kurang dari lima menit, JPU kembali masuk ruang sidang. Tetapi lima kuasa hukum JE masih berbincang-bincang santai di depan kamar mandi yang terlihat dari halaman depan ruang tunggu PN Malang.

Lima orang kuasa hukum JE saat berbisik-bisik di depan kamar mandi PN Malang, Rabu (27/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hotma Sitompul Ketua Kuasa Hukum JE bersama dengan timnya dari kamar mandi kembali ke ruang sidang, Rabu (27/7/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebelum kembali masuk ruangan, kelima tim kuasa hukum JE sempat berbisik-bisik. Tapi saat dikerumuni awak media untuk dimintai keterangan, belum ada yang bersedia.

“Nanti ya, belum selesai ini,” timpal Jeffry Simatupang, salah satu Kuasa Hukum JE pada media sambil tertawa.

Sementara pihak PN Malang yang pada saat itu berdiri di depan pintu ruang sidang, mengatakan sidang diskors (menghentikan sidang sejenak).

Sekitar pukul 11.33 WIB seluruh kuasa hukum JE dan JPU yang sempat keluar sudah masuk ke ruang sidang kembali. Hingga pukul 12.26 WIB, sidang masih belum selesai. (lta/rst/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs