Kamis, 9 Mei 2024

Stok Darah Menipis, PMI Surabaya Ajak Masyarakat Lakukan Donor

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kegiatan donor plasma konvalesen di PMI Surabaya. Foto: totok suarasurabaya.net

dr. Wandai Rasoetedja menyebut stok darah PMI Surabaya menipis di awal Ramadan. PMI Surabaya mulai kesulitan memenuhi permintaan darah harian Rumah Sakit.

“Stock darah kami memang saat ini kritis, apalagi awal-awal bulan puasa ini mengalami penurunan cukup drastis,” kata dr. Wandai Rasoetedja Kepala Bagian Pelayanan dan Humas saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, permintaan dari rumah sakit masih relatif stabil, namun jumlah pendonor mengalami penurunan yang cukup significant.

“Setiap harinya ada 250 sampai 350 permintaan, sedangkan stok yang tersesedia saat ini jenis PRC hanya tersisa 56 kantong dan 28 kantong untuk trombosit”, paparnya.

dr Wandai merinci, untuk ketersediaan trombosit golongan darah B tinggal 21 kantong, untuk AB ada 3  kantong, golongan darah B ada 4 kantong sedangkan golongan darah A stok nya kosong.

Sementara untuk sel darah merah, dr. Wandai menyebutkan, golongan darah A ada 36 kantong, sedangkan golongan darah B ada 6 kantong, dan golongan darah O ada 9 kantong. Sedangkan golongan darah AB haya tersedia 5 kantong.

“Menurut kami, tidak ada masalah bagi mereka yang terbiasa donor meski sedang berpuasa,” tuturnya.

dr. Wandai Rasoetedja menyebut, aktifitas donor darah tetap aman dilakukan saat sedang berpuasa.

“Aktifitas donor darah memang mengambil cairan tubuh dari seseorang berupa darah, tetapi pengambilan darahnya pun sudah ada ketentuan jumlahnya. Jadi aman, tidak sampai mempengaruhi kesehatan dari pendonornya,”

dr. Wandai Rasoetedja mengatakan, para pendonor tidak perlu khawatir selama memang dalam kondisi sehat, istirahat cukup dan pola makan baik. Aktifitas donor darah aman dilakukan selama bulan puasa.

“Karena pengambilan darah itu hanya 350 – 450 cc itu hanya sekitar 8-9% dari berat badan. Jadi masih aman,” imbuhnya.

dr. Wandai hanya memberi catatan bahwa sebelum aktivitas donor, PMI akan melakukan screening seperti biasa mencakup kadar HB, berat badan, tekanan darah, dan golongan darah.

“Tidak ada perbedaan screening kesehatan sebelum donor selama bulan puasa. Tidak ada pantangan juga untuk pilihan menu saat sahur, asal sehat dan bergizi,” jawabnya saat ditanya terkait mekanisme donor selama bulan puasa.

dr Wandai juga menambahkan, pendonor yang sedang menstruasi diperbolehkan melakukan donor darah asal memenuhi kadar minimal HB. (tha/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version