Selasa, 16 April 2024

Stok Vaksin Melimpah, Khofifah Ajak Masyarakat Booster Sebelum Mudik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim. Foto: Kominfo Jatim

Stok vaksin Covid-19 di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dipastikan aman dan cukup, bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri menyambut perayaan lebaran dan mudik dalam beberapa minggu ke depan.

Menanggapi hal ini, Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur, mengajak masyarakat untuk segera pro aktif memperoleh suntikan vaksin booster yang menjadi syarat untuk mudik lebaran dengan mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat.

“Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat mumpung masih di awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik, kita sudah terproteksi,” terang Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (11/4/2022).

Menurut Khofifah, saat ini jumlah stok vaksin masih ada sebanyak 1.071.590 dosis yang tersebar di kabupaten kota se Jatim. Dengan jumlah tersebut, lanjut dia, akan mampu mencukupi kebutuhan vaksinasi booster bagi masyarakat yang ingin mudik.

Sebab, menurut Gubernur Jatim, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idulfitri. Mengingat, dalam prosesnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran Covid-19.

“Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Karena kalau orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior,” terangnya.

“Itulah yang menjadikan kita harus memberikan perlindungan kepada orang yang kita sayangi lewat vaksinasi. Karena kalau kita ingin berumur panjang, tentu kita juga ingin orang yang kita hormati dan sayangi juga berumur panjang, sehingga tahun depan bisa ketemu lagi. Maka mari kita saling memproteksi diri kita dan lingkungan kita,” lanjut Khofifah.

Vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk Puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintahan Provinsi Jatim.

Bahkan setiap hari di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim, sampai saat ini juga masih dibuka untuk layanan vaksinasi termasuk booster Covid-19. (man/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs