Rabu, 28 Februari 2024

Surabaya Bergerak Resmi Dilaunching, Kerja Bakti Dimulai Minggu Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya secara simbolis menyerahkan sekop dan glangsing pada perwakilan RT/RW di Surabaya untuk ikut program "Surabaya Bergerak", Kamis (10/11/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Program Surabaya Bergerak resmi dilaunching, Kamis (10/11/2022) hari ini, di tengah rangkaian upacara Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya. Kerja bakti massal yang mengajak seluruh warga Surabaya itu, akan resmi dimulai Minggu ini.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam kesempatan itu menyerahkan langsung secara simbolis sekop dan glangsing (karung) pada perwakilan warga, yang menandai pendaftaran dibuka.

Setiap RT mau pun RW di Kota Pahlawan, bisa berpartisipasi langsung terhadap upaya pencegahan dan penanganan banjir itu.

Nantinya, saluran tersier yang ada di perkampungan diharapkan turut menyempurnakan upaya Pemkot Surabaya yang sedang membenahi saluran primer dan sekunder. Sehingga puncaknya, banjir tidak lagi terjadi di Kota Pahlawan.

“Saya yakin seluruh warga akan bergerak karena itu adalah ciri Arek Suroboyo. Kalau ingin kotanya nyaman, kita benahi bersama,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.

Menurutnya, saluran ini jadi fokus penting karena akan berdampak besar seperti menimbulkan beragam penyakit jika tidak segera ditangani.

Selain itu, lanjut Eri, upaya pemerintah yang sedang membenahi sekaligus membangun saluran-saluran primer juga sekunder akan sia-sia, kalau banyak warga yang masih abai soal kebersihan saluran.

“Kejadian waktu hujan terjadi genangan, karena saluran tersier tidak pernah dibersihkan, istilahnya buntu. Bahkan ada beberapa perkampungan yang membangun rumah tanpa saluran. Sehingga kita ajak warga membersihkan semua saluran,” imbuhnya.

Dari kerja bakti massal itu, menurutnya juga sebagai langkah antisipasi dini adanya saluran yang kurang memadai. “Kalau ada saluran yang kecil maka bisa lebih tahu dulu dan kita bisa membantu melebarkan. Tapi saya butuh seluruh warga Kota Surabaya untuk menjadi bagian pembangunan saluran ini,” katanya lagi.

Untuk diketahui, masyarakat bisa langsung mendaftar di website bergerak.surabaya.go.id atas nama RT maupun RW masing-masing wilayah.

Kegiatan Surabaya Bergerak ini terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix serta didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green,Clean and Modern International City dan PT. SIER.(lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs