Jumat, 29 Maret 2024

Surabaya Bergerak: Warga Jemur Wonosari Rantingkan Pohon dan Bersihkan Selokan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pengangkutan sedimen selokan yang dilakukan oleh warga dalam acara Surabaya Bergerak,di sepanjang gang sekolahan RT 8 RW 9 Jemur Wonosari, pada Minggu (27/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan warga Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, RT 8 RW 9, Kota Surabaya, Jawa Timur, hari ini, Minggu (27/11/2022), melakukan kerja bakti massal di sepanjang Jalan Sekolahan. Kerja bakti itu merupakan bagian dari Program Surabaya Bergerak.

Muhammad Yasin Lurah Jemur Wonosari mengatakan, selain untuk membersihkan lingkungan dan mempererat silaturahmi, kegiatan kerja bakti hari ini juga bertujuan untuk menggencarkan budaya gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.

“Jadi, hari ini warga melakukan kerja bakti untuk perantingan pohon di sekitar wilayah RT ini,” ucapnya kepada suarasurabaya.net.

Yasin menambahkan, perantingan itu dilakukan untuk mencegah ranting pohon yang tumbang karena sekarang masih musim hujan.

Perantingan pohon yang dilakukan oleh salah satu warga yang tergabung dalam RT 8 RW 9 Jemur Wonosari dalam rangkaian acara Surabaya Bergerak, pada Minggu (27/11/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

“Warga juga kerja bakti untuk membersihkan sedimen yang ada di selokan,” imbuhnya.

Pengangkutan sedimen dari selokan itu dilakukan sebagai upaya mencegah hambatan aliran air, serta mencegah lubernya air kalau hujan deras.

Dia menambahkan, warganya juga membersihkan rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar sekolahan gang.

Sampah yang terkumpul baik dari hasil perantingan, rumput, hingga sedimen dari selokan langsung diangkut Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Surabaya, lalu dibawa ke tempat pembuangan.

Lebih lanjut, Yasin berharap melalui acara tersebut, Surabaya terus menjadi kota yang bersih dan nyaman bagi seluruh warga.

Sementara itu, Rifdur Rohman Ketua RT 8 mengatakan kegiatan kerja bakti itu tidak berhenti sampai hari ini saja. Menurutnya, kerja bakti membersihkan lingkungan akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Ke depan, kami akan melaksanan kerja bakti secara rutin. Mungkin sebulan sekali, di setiap minggu ke berapa, nanti kami tentukan,” ucapnya.

Rifdur bilang, warga juga sepakat dengan adanya rencana tersebut. “Kemarin warga juga menanggapi dengan bagus, warga setuju,” ucapnya.

Dia pun berharap ke depan kondisi lingkungan di Jemur Wonosari, khususnya RT 8 RW 9 dapat terus terawat dengan maksimal, baik dari segi kebersihan maupun kenyamanan.(ris/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs