Rabu, 30 November 2022

Surabaya Bergerak: Warga Gebang Putih Bersihkan Limbah Rumah Tangga Penghambat Saluran Air

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kerja bakti warga Kelurahan Gebang Putih Surabaya dalam Surabaya Bergerak pekan kedua, Minggu (20/10/2022). Foto: Indriyani via WA SS

Warga RT 4 RW 4 Kelurahan Gebang Putih Surabaya antusias mengikuti kerja bakti dalam pekan kedua program “Surabaya Bergerak” pada Minggu (20/11/2022).

Indriyani Lurah Gebang Putih mengatakan, antusiasme warga ini terlihat sejak pukul 06.00 WIB. Mereka sudah bersiap di depan rumah masing-masing sambil membawa peralatan untuk kerja bakti yang dibagi menjadi empat titik. Wilayah yang menjadi pilot project “Surabaya Bergerak” di kelurahan ini juga sukses mengundang antusiasme warga di luar RT 4 RW 4 untuk mengikuti program tersebut.

Dalam kegiatan kali ini, Indriyani menceritakan, warga berhasil membersihkan limbah rumah tangga yang selama ini membuat wilayah tersebut lama surut bila tergenang hujan.

“Begitu kita kerja bakti, itu ternyata limbah rumah tangga seperti minyak sudah jadi gumpalan dan mengeras. Ternyata itu penyakitnya di situ, ada yang menghambat saluran air. Itu yang bikin lama (surut) saat hujan turun,” kata Indriyani saat dihubungi Suara Surabaya, Minggu.

Tak tanggung-tanggung, hampir 200 glangsing sampah berisi limbah rumah tangga berhasil dikumpulkan warga kali ini.

Ia menambahkan, ada salah satu warga perempuan bernama Yani yang bahkan ikut ‘nyemplung’ ke got untuk membersihkan saluran.

“Orangnya luar biasa, membuka saluran u-ditch dengan kedua tangannya sendiri. Saat saya tanya, mbak Yani menjawab ‘Ini rumah orang tua saya. Beliau sudah sepuh. Kalau bukan saya yang membersihkan siapa lagi? Ini juga rumah saya.’ Ini sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Yani warga Kelurahan Gebang Putih Surabaya yang antusias mengikuti Surabaya Bergerak pekan kedua, Minggu (20/10/2022). Foto: Indriyani via WA SS

Usai kerja bakti, ia pun mengumpulkan warga di wilayah yang dipimpinnya itu untuk mengedukasi supaya lebih memperhatikan limbah rumah tangganya agar saluran yang sudah dibersihkan tidak lagi terhambat.

Indriyani menilai kegiatan “Surabaya Bergerak” ini sangat tepat sasaran karena berhasil mengajak warga untuk sadar akan kebersihan lingkungannya.

“Awalnya pilot project di RT 4 ini, semoga besok banyak yang mendaftar lagi Surabaya Bergerak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, “Surabaya Bergerak” juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Rabu, 30 November 2022
24o
Kurs