Jumat, 3 Februari 2023

Tangani Maraknya Tawuran di Surabaya, Satpol PP Perintahkan Camat Patroli Titik Rawan Malam hingga Subuh

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi tangan mengepal. Foto: Pexels

Mulai Selasa (29/11/2022) malam, Satpol PP memerintahkan seluruh camat untuk patroli di titik-titik rawan tiap kecamatan. Kegiatan ini untuk mengatasi maraknya tawuran di Surabaya yang dilakukan oleh remaja.

Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Kota Surabaya memastikan, perintah itu sudah dimulai Selasa malam. Selain Satpol PP, operasi atau patroli dilakukan bersama TNI dan polisi.

“Setiap malam dilakukan Operasi Asuhan Rembulan dengan melibatkan TNI dan Polri. Sudah dibuatkan perintah, kepada seluruh camat mulai kemarin malam, melakukan Patroli Asuhan Rembulan tingkat kecamatan dengan melibatkan TNI dan Polri dengan titik titik rawan per kecamatan,” kata Eddy pada suarasurabaya.net, Rabu (30/11/2022).

Patroli dilakukan mulai pukul 20.00 hingga 04.00 WIB. Tidak hanya preventif (pencegahan), tetapi juga akan berlaku represif (tindakan menekan) jika ditemukan gerombolan pemuda yang terlibat tawuran.

“Represif, dilakukan operasi rutin, dan apabila ditemukan (tawuran), diamankan untuk mendapatkan edukasi dan pembinaan lebih lanjut dari Pemkot Surabaya, sekolah dan orang tua,” katanya.

Eddy mengimbau, kepedulian para orang tua juga untuk turut memastikan anaknya sudah di rumah maksimal pukul 21.00 WIB. Serta masyarakat diminta sigap melapor ke Command Center 112 jika melihat gerombolan yang disinyalir akan tawuran.

“Keterlibatan masyarakat sekitar apabila ditemukan kerumunan anak-anak muda lebih dari 5 orang dan berindikasi yang mengganggu trantibum (ketentraman dan ketertiban umum) segera laporkan ke CC Room 112. Program Sahabat Satpol Goes To School yang dilakukan tiap minggu keliling sekolah untuk edukasi dan sosialisasi tentang ketertiban anak sekolah juga terus dilakukan,” pungkas Eddy.

Sekadar diketahui, Minggu (27/11/2022) terjadi tawuran di dua lokasi. Pertama di Jalan Rajawali, Krembangan yang berhasil dibubarkan para petugas damkar yang konvoi usai pemadaman api. Kedua di Pos Security Pakuwon City dan membuat dua orang luka, serta harus dilarikan ke rumah sakit.

Pada Selasa (29/11/2022) malam, dari unggahan akun sosial media instagram @ini_surabaya, menunjukkan rekaman video puluhan remaja melakukan konvoi naik sepeda motor dengan memamerkan senjata tajam di beberapa ruas jalan Surabaya.(lta/rum/ipg)

Berita Terkait