Jumat, 29 Maret 2024

Tim Ekspedisi 77 Siap Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tim Ekspedisi 77 sesaat sebelum diberangkatkan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Senin (15/8/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Sebanyak 77 pemuda yang dibentuk menjadi tim ekspedisi untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuno pada 17 Agustus nanti, telah diberangkatkan oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi

Tidak hanya mengibarkan bendera di puncak, tim ekspedisi ini juga melakukan penanaman sebanyak 77 pohon cemara di Gunung Arjuno. Sehingga misi yang dibawa adalah semangat kemerdekaan dan kebangsaan, melalui cinta lingkungan.

“Saya sampaikan rasa bangga dan apresiasi atas seluruh semangat Ekspedisi 77 ini mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Arjuno. Ini salah satu cara mencintai Tanah Air dengan sepenuh hati,” tutur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (15/8/2022).

Khofifah melanjutkan, bahwa Gunung Arjuno sengaja dipilih karena beberapa alasan. Pertama karena Gunung Arjuno ada di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo yang dikelola Pemprov Jatim.

Kedua, Gunung Arjuno adalah cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang bahkan telah ditetapkan oleh Unesco tahun 2015.

Secara khusus, pelepasan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dilakukan Gubernur Khofifah dengan menyerahkan pataka Bendera Merah Putih pada tujuh perwakilan elemen. Yaitu unsur perempuan, ASN, Pramuka, media, pelaku wisata, unsur mahasiswa pecinta alam dan unsur relawan.

Selain itu, sebelum pelepasan Gubernur Khofifah juga menyerahlan secara simbolis bibit tanaman cemara gunung yang akan ditanam di Gunung Arjuno.

“Naik gunung haruslah hati hati, kompak dan sehat sehingga seluruh ikhtiar bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Khofifah juga mengapresiasi bahwa nanti setelah pengibaran bendera, sepanjang menuruni gunung, para Tim Ekspedisi 77 juga melakukan kerja bakti membersihkan sampah di Gunung Arjuno.

“Itu adalah misi yang tak kalah mulia dan semangat nasioanalisme dan cinta NKRI,” imbuhnya.

Sementara itu, Jumadi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya ekspedisi 77 di Gunung Arjuno ini untuk membangun semangat juang anak-anak muda dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuno dan penanaman pohon cemara gunung.

“Pengibaran Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno ini memberikan arti semangat juang tinggi, serta penanaman Cemara Gunung mensimbolkan semangat Optimis Jatim Bangkit yang selalu menjadi tagline kita,” tuturnya

Kata dia, pendakian akan dimulai pada esok hari pukul 04.00 WIB dari Sumber Brantas. Pendakian akan dilakukan dalam waktu dua hari dengan satu kali camp sehingga diperkirakan pada 17 Agustus 2022 pukul 06.00 WIB pengibaran akan dilangsungkan di Puncak Gunung Arjuno.

“Ketika kembali turun, kami juga melangsungkan bersih sampah guna memastikan tidak meninggalkan sampah apapun di atas Gunung,” tutupnya.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs