Minggu, 25 September 2022

Khofifah Sambut Kloter Terakhir Jemaah Haji Sambil Bagikan Bendera Merah Putih

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bersama para jemaah haji kloter 38 sedang memamerkan bendera merah putih, di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Sabtu (13/8/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyambut kedatangankelompok terakhir jemaah haji, yang tergabung dalam kloter 38 jemaah haji, dengan membagikan bendera merah putih di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Sabtu (13/8/2022).

Kloter terakhir tersebut datang sekitar pukul 11.15 WIB, dengan membawa total 244 jemaah haji asal Jatim, yang terbang dari Madinah menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5042. Mereka sempat transit terlebih dahulu di Bandara Palembang untuk memulangkan jemaah haji dari Embarkasi Palembang.

Gubernur Jatim dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa pembagian bendera merah putih ini adalah bagian dari gerakan nasional membagikan 10 juta bendera.

Dia berharap semua elemen turut melakukan hal yang sama dari mulai kepala desa, lurah, hingga kepala daerah serta masyarakat secara umum.

“Kita berbagi bendera merah putih, dan kepada ketua kloter yang secara simbolis menerima, Saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing,” Kata Khofifah di Asrama Haji Surabaya.

Orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan bahwa membagikan bendera merah putih kepada para jemaah haji, adalah bentuk penguatan dalam membangun semangat nasionalisme – religius. Lebih lanjut, Khofifah juga turut mengucapkan bela sungkawa terhadap para jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci.

“Innalillahiwainnailaihirojiun kita semua ikut berbela sungkawa mudah-mudahan semua dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah dan semua dimasukkan ke dalam surganya Allah,” ucapnya.

Sementara itu Abdul Haris Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya menyampaikan, jika pihaknya telah menerima dan memproses kepulangan jemaah haji sejumlah 16.810 orang jemaah dan petugas dengan rincian 7808 laki-laki dan 9002 wanita.

Haris juga menjelaskan, terdapat 23 orang jemaah haji wafat dan dimakamkam di Arab Saudi. Tercatat, tujuh orang wafat pra armuzna, lima orang pada masa armuzna, dan 11 orang pasca armuzna.

Sedangkan hingga kepulangan kloter terakhir ke tanah air, masih ada tiga orang jemaah haji yang sakit dan dirawat di RS Arab Saudi yaitu jemaah haji asal Tulungagung, Pamekasan, dan Kota Surabaya.

Mengenai rincian data jemaah terkonfirmasi positif Covid-19, Haris merinci pada gelombang pertama, dari kloter satu sampai kloter 20 terdapat 36 jemaah haji terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan pada gelombang kedua, kloter 21 sampai dengan kloter 38 terdapat enam orang. Dan seluruh jemaah terkonfirmasi positif Covid-19 ini telah kembali ke daerah masing-masing. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
32o
Kurs