Kamis, 2 Mei 2024

Ubaya Tanam 100 Pohon Pisang, Sekaligus Buat Motif Batik Sari Laut

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kegiatan penanaman pisang di strain Kali Segoro Tambak, Sidoarjo. Foto: Humas Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) melakukan penanaman bibit pohon pisang di Desa Segoro Tambak, Kabupaten Sidoarjo, Minggu (7/8/2022). Total ada 100 bibit pohon pisang yang ditanam pada tiga tempat, yaitu strain sungai, tanah kas, dan di lokasi program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Secara simbolis, penanaman pohon pisang dilakukan oleh Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T, Rektor Ubaya, yang disaksikan oleh pimpinan Ubaya serta perangkat desa dan warga desa Segoro Tambak.

Benny mengatakan, pohon pisang dipilih berdasarkan karakteristik tanah desa.

“Tanah di strain sungai sering terimbas banjir rob, sehingga memiliki tingkat garam dan timbunan sampah organik dan anorganik yang tinggi. Berdasarkan pertimbangan inilah kami menanam pohon pisang jenis pisang kepok merah dan pisang susu,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (9/8/2022).

Ia menambahkan, pemilihan jenis pohon pisang ini turut melibatkan pakar biologi dari Fakultas Teknobiologi Ubaya.

Pelatihan membatik motif sari laut yang diikuti oleh 40 ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Foto: Humas Ubaya

Selain menanam pohon pisang, Ubaya juga membuat motif batik seafood yang diberi nama Sari Laut sebagai ikon Desa Segoro Tambak. Motif ini dibuat oleh Ninik Juniati, S.Pd., M.Pd, Dosen Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya).

Ninik mengatakan, motif batik diberi nama Sari Laut karena terinspirasi dari kekayaan sumber daya alam Desa Segoro Tambak yang hasil utamanya adalah seafood. Motif tersebut diperkenalkan melalui pelatihan membatik yang diikuti oleh 40 ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Anton Prijatno, S.H, Ketua Yayasan Universitas Surabaya mengatakan terselenggaranya dua kegiatan ini sebagai program yang menyasar pembangunan manusia serta karakternya. “Bangunan, fasilitas, dan aset tidak akan bermakna jika manusia yang mempunyai dan mengelolanya tidak berkarakter dan kompeten,” ujarnya.

Hal ini mendapat apresiasi dari Anik Mahmudah Kepala Desa Segoro Tambak, Ia mengatakan inisiatif semacam ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan desa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Ubaya. Harapannya ada sinergi yang lebih intens lagi di masa mendatang,” ujarnya.(gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs