Sabtu, 18 Mei 2024

Ukraina Temukan Kuburan Massal di Kota Lyman

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kuburan massal yang ditemukan di Izium Ukraina. Foto: Reuters/Antara

Otoritas Ukraina kembali menemukan kuburan massal dengan ratusan jenazah terkubur di dalamnya.

Kali ini kuburan massal ditemukan di kota ​​​​​timur ​​Lyman yang baru saja dibebaskan dari kendali Rusia dan belum diketahui jumlah jenazah yang dikubur di sana, ungkap Pavlo Kyrylenko gubernur Donetsk lewat unggahan daring pada Jumat (7/10/2022).

Kyrylenko menulis di Telegram bahwa pejabat di Lyman telah menemukan “satu kuburan massal di mana, menurut informasi setempat, kemungkinan ada tentara dan warga sipil. Jumlahnya belum bisa dipastikan.”

Secara terpisah, Antara pada Sabtu (8/10/2022) melaporkan dari kantor berita Ukrinform yang mengutip pejabat polisi senior juga menyebutkan bahwa kuburan tersebut berisi 180 mayat.

Otoritas Ukraina kerap menuding pasukan Rusia telah melakukan aksi keji di wilayah pendudukan, namun tuduhan ini dibantah pihak Moskow.

Kyrylenko mengatakan lokasi kuburan lainnya dengan 200 makam warga sipil juga telah ditemukan. Dia tidak menjelaskan bagaimana atau kapan mereka meninggal.

Pada September lalu, sebanyak 436 mayat digali dari lokasi kuburan di Izium setelah kota itu dibebaskan. Sebagian besar adalah mayat dari orang yang tewas akibat kekerasan.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs