Jumat, 26 April 2024

Unesa Kerja Sama dengan Bupati dan Wali Kota untuk Kembangkan Desa Pancasila

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan sejumlah bupati dan wali kota di Jawa Timur di Graha Unesa pada Jumat (25/2/2022). Foto: Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan sejumlah bupati dan wali kota di Jawa Timur bertempat di Graha Unesa, Jumat (25/2/2022). Kerja sama ini dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan menggali potensi daerah sektor pendidikan serta penguatan ideologi Pancasila di daerah.

Prof. Nurhasan, Rektor Unesa menyampaikan bahwa dalam membangun daerah, penguruan tinggi memegang peran penting. Riset dan inovasi di kampus-kampus harus menjadi lokomotif kemajuan dan memberikan manfaat bagi daerah, kabupaten maupun kota.

“Kerja sama ini merupakan sinergi kampus dengan perguruan tinggi dalam mengembangkan pendidikan dan meningkatkan SDM menuju daerah, kabupaten dan kota yang maju untuk Indonesia tumbuh dan maju,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Kerja sama ke depan satu sisi yaitu sebagai implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) mendorong mahasiswa maupun dosen terlibat dalam pembangunan daerah. Ke depan, Cak Hasan berharap dosen dan mahasiswa Unesa terlibat membangun kampung pendidikan di daerah, kabupaten hingga desa maupun kelurahan.

Adapun beberapa rencana kerja sama tersebut yaitu membangun dan mengembangkan desa Pancasila di daerah. Menurut dia, desa Pancasila nanti menjadi pusat-pusat penting pembinaan ideologi dan sebagai wadah pembumian Pancasila langsung di tengah-tengah masyarakat.

“Program kita tentu bukan hanya sekadar diskusi atau doktrinasi, tetapi benar-benar membawa Pancasila ke ranah inovasi, prestasi, dan kolaborasi di tengah masyarakat. Desa Pancasila sudah kita rintis di beberapa kabupaten, nanti lewat kerja sama ini kita perbanyak lagi,” ungkapnya.

Selain itu, juga untuk membangun dan mengembangkan kampung pendidikan maupun kampung olahraga. “Pokoknya UNESA, lewat berbagai program unggulannya, harus mampu membersamai daerah hingga kelurahan menuju kemajuan dan keunggulan,” paparnya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengapresiasi langkah Unesa tersebut. Dia memaparkan bahwa Pemkot Surabaya sendiri sudah lama menjalin kerja sama dengan UNESA, utamanya dalam mengembangkan kampung pendidikan arek Suroboyo di Surabaya.

“Bahkan baru-baru ini, Pemkot Surabaya meluncurkan program MBKM bersama kampus-kampus, seperti UNESA,” terangnya. “Kerja sama ini kita harapkan tentu untuk kemajuan Kota Surabaya dan kebahagiaan warganya,” ujarnya usai acara. (iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs