Jumat, 29 Maret 2024

Upacara HUT ke-77 TNI Dipusatkan di Istana Kepresidenan Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Heru Budi Hartono Kasetpres bersama jajaran TNI dan Polri mengecek persiapan lokasi acara HUT ke-77 TNI, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/9/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan digelar di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, hari Rabu (5/10/2022).

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) bersama jajaran TNI dan kepolisian masih mematangkan berbagai persiapan terkait acara tersebut.

“Hari ini kami dengan Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI) dan jajarannya, dan tentunya perwakilan dari rekan-rekan kepolisian dari Polda Metro Jaya bergabung untuk mempersiapkan HUT ke-77 TNI, dan sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu. Hari ini, kami mengecek kembali kesiapan terakhir,” ujar Heru dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Kasetpres menjelaskan, peringatan HUT ke-77 TNI akan dimeriahkan defile Pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile itu melakukan parade dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“Acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana, dilanjutkan dengan defile sampai Bundaran HI. Di sana nanti disajikan parkir dan lain-lain untuk alutsista yang sudah dipilih Pak Kasum TNI,” jelasnya.

Untuk kelancaran acara tersebut, lanjut Kasetpres, pihak kepolisian melalui Polda Metro Jaya akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Menurutnya, masyarakat akan tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

“Terkait jamnya, nanti diatur rekan-rekan dari Polda, kapan buka-tutupnya lalu lintas. Tentunya, kami harap seluruh masyarakat pada tanggal 5 Oktober bisa memaklumi ada acara HUT TNI dan kegiatan masyarakat bisa berjalan seperti biasa. Nanti arus lalu lintas diatur rekan-rekan dari kepolisian, dari Polda Metro Jaya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono Kepala Staf Umum TNI menjelaskan ini bukan yang pertama kalinya HUT TNI dipusatkan di Istana.

Dia bilang, ada banyak pertimbangan sebelum memutuskan tempat upacara HUT TNI tahun ini di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Tahun lalu kami laksanakan di Istana, tahun ini juga di Istana dengan berbagai pertimbangan. Pada intinya, Bapak Presiden ingin menyaksikan secara lebih dekat kalau dilaksanakan di Istana. Jadi, bukan tahun ini saja, tahun-tahun sebelumnya juga sudah diselenggarakan di Istana,” tegasnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs