Jumat, 19 April 2024

Walau Belum Ideal, Jenderal Andika Tegaskan TNI Tetap Mampu Menjaga Kedaulatan NKRI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/10/2022). Foto: Farid suarasurabaya.net

Jenderal TNI Andika Perkasa Panglima TNI mengatakan, pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI, Rabu (5/10/2022), pihaknya mengangkat tema TNI Adalah Kita.

Panglima menjelaskan, tahun ini TNI dengan berbagai kekurangan dan kelebihan, baik dari sisi jumlah personel, dan alat utama sistem persenjataan berupaya tampil apa adanya.

Dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Jakarta, Jenderal Andika mengatakan dengan segala kekurangan, TNI tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara dengan cara bekerja sama.

Dia menyadari, tidak mungkin semua keinginan TNI terpenuhi. Seluruh negara di dunia, lanjut Andika, juga menginginkan tentara yang ideal dari sisi jumlah, sistem persenjataan, dan kesejahteraan.

Dengan keterbatasan anggaran, Panglima TNI menegaskan Prajurit TNI tetap bisa menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

“Dengan segala kekurangan, kami berupaya bekerja sama dengan berbagai pihak. Dengan keterbatasan anggaran, kami tetap harus bisa (bekerja) dengan cara berteman. Itu yang saya lakukan selama ini, dan respons pihak-pihak yang kami ajak bekerja sama sangat baik, dan itu menunjukkan kekompakan serta kekuatan TNI dengan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan tunjangan untuk Personel TNI yang menjalankan operasi di berbagai wilayah masih belum cukup ideal.

Dia bilang, TNI baru bisa memberikan tunjangan Rp114.500 per orang setiap harinya.

Untuk menyiasatinya, Panglima TNI mengeluarkan kebijakan menambah bahan makanan jadi untuk prajurit selama sepuluh hari dalam sebulan, mulai Januari 2022.

Lebih lanjut, Jenderal Andika berterima kasih kepada Pemerintah, DPR RI dan masyarakat, atas dukungan penuhnya kepada TNI selama ini.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs