Minggu, 16 Juni 2024

1.000 Kuota Masyarakat untuk Upacara Kemerdekaan di Balai Kota Surabaya Ludes

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Lokasi upacara HUT ke-78 RI di Balai Kota Surabaya saat 17 Agustus 2023 nanti. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Baru sehari pendaftaran dibuka, 1.000 kuota untuk masyarakat sebagai peserta upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di Balai Kota Surabaya sudah penuh.

M Fikser Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya menyebut, pendaftaran dibuka kemarin, Selasa (8/8/2023) lebih dari seminggu sebelum HUT RI. Para peserta daftar online melalui laman https://seremoni.surabaya.go.id/.

Sebenarnya hanya 1.000 kuota untuk masyarakat, tapi karena membludak akhirnya pendaftar ditutup di-angka 1.145.

“Pendaftaran sudah dibuka tanggal 8 Agustus 2023 sejak pukul 13.00 WIB. Dalam kurun waktu 5 jam, kuota pendaftaran langsung terpenuhi, tercatat ada sekitar 1.145 orang pendaftar,” kata M Fikser, Rabu (9/8/2023).

Masyarakat yang sudah terpilih, selanjutnya akan memperoleh e-tiket undangan yang dikirim lewat nomor WhatsApp yang sebelumnya dicantumkan saat pendaftaran.

“Satu nomor WhatsApp berlaku untuk sekali pendaftaran peserta. Dan e-tiket undangan ini juga wajib ditunjukkan saat peserta datang di Taman Surya Balai Kota Surabaya,” paparnya.

Peserta wajib mematuhi semua ketentuan yang ditetapkan saat mengikuti rangkaian upacara HUT ke-78 RI di Taman Surya Balai Kota Surabaya 17 Agustus 2023 mendatang.

Ketentuan diinformasikan bersamaan dengan notifikasi melalui WhatsApp. Salah satunya, tamu undangan harus datang maksimal pukul 07.30 WIB.

“Kemudian e-tiket undangan berlaku untuk satu orang dan tidak dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan,” jelasnya.

Untuk kostum, tamu undangan diminta mengenakan pakaian batik lengan panjang untuk pria atau kebaya/batik bagi wanita. Sementara untuk bawahan, tidak diperkenankan berbahan jeans.

“Peserta upacara juga tidak diperkenankan mengajak anak usia di bawah 5 tahun, orang tua diatas 65 tahun, dan ibu hamil. Dan yang terakhir adalah setiap peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian acara dengan tertib,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, saat upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya 17 Agustus 2022 lalu, diikuti ratusan tamu undangan. Kuota untuk warga hanya 100 orang. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs