Rabu, 24 Juli 2024

193 Truk Bantuan Kemanusiaan Masuki Gaza via Rafah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Truk-truk pengangkut bantuan kemanusiaan memasuki Gaza dari titik penyeberangan pada perbatasan Gaza-Mesir di Rafah, Mesir, Sabtu (21/10/2023). Foto: Xinhua

Sedikitnya 193 truk pengangkut bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza melalui penyeberangan Rafah di perbatasan Mesir dalam 24 jam terakhir. Data itu disampaikan koordinator pemerintah Israel untuk wilayah Palestina.

“Sebanyak 193 truk bantuan kemanusiaan yang membawa makanan, air, pasokan medis dan perlengkapan untuk pengungsian diperiksa dan memasuki Jalur Gaza melalui Penyeberangan Rafah,” kata Koordinator Kegiatan Pemerintah di Wilayah (COGAT) dalam media sosial X.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (16/12/2023), ketegangan di Timur Tengah kembali mencuat pada 7 Oktober setelah kelompok perlawanan Palestina Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel.

Sejak itu, banyak warga kibbutz Israel yang tinggal di dekat perbatasan Gaza tewas dan lebih dari 200 orang Israel, termasuk perempuan, anak-anak dan lansia diculik.

Hamas menggambarkan serangan mereka sebagai balasan atas perilaku agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem.

Israel mengumumkan blokade total terhadap Jalur Gaza dan menggempur wilayah kantong tersebut serta sejumlah wilayah lainnya di Lebanon dan Suriah.

Pasukan Israel juga meluncurkan serangan darat terhadap Hamas di Jalur Gaza. Sementara itu, bentrokan juga dilaporkan terjadi di Tepi Barat. (ant/mel/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs