Rabu, 1 Mei 2024

20 Pendaftar Lolos Seleksi Bakal Calon Rektor ITS Periode 2024-2029

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pembacaan Deklarasi Damai oleh Bacarek ITS sebagai komitmen untuk melaksanakan pemilihan rektor. Foto: ITS Pembacaan Deklarasi Damai oleh Bacarek ITS sebagai komitmen untuk melaksanakan pemilihan rektor. Foto: ITS

Sebanyak 20 orang resmi terseleksi jadi Bakal Calon Rektor (Bacarek) di Pemilihan Rektor (Pilrek) Institut Teknologi 10 Nopember (ITS). Seluruhnya telah mengambil nomor urut dalam proses pengundian di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat ITS, Selasa (24/10/2023).

Mohammad Nuh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS mengatakan, sebelumnya terdapat 104 kandidat yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar. Dari kandidat itu, 20 orang berhasil menyelesaikan berkas pendaftaran.

“Alhamdulillah pendaftar bacarek dari setiap periode terus meningkat, ini pertanda bahwa proses regenerasi kepemimpinan di ITS berjalan dengan baik,” ucapnya.

Nuh mengatakan, Pilrek ITS itu akan berlangsung dengan komitmen untuk tetap menjaga keutuhan dan kebersamaan ITS. Hal itu, juga sudah dinyatakan dalam Deklarasi Damai yang secara diikrarkan oleh 20 bacarek ITS.

“Kita lakukan pemilihan rektor ini dengan rasa kekeluargaan, bukan kompetisi,” ujarnya.

Para bacarek terdaftar itu, telah memenuhi berbagai persyaratan yang diwajibkan, mulai dari cek kesehatan fisik dan jiwa, hingga dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Calon rektor yang diperbolehkan mendaftar, maksimal berusia 60 tahun pada saat pergantian masa jabatan rektor pada April 2024 mendatang.

Triyogi Yuwono ketua panitia Pilrek ITS mengatakan, seluruh bacarek itu akan melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni pemaparan rencana strategis dalam lima tahun ke depan yang akan berlangsung pada tanggal 13-14 November mendatang.

“Dalam momentum pemaparan ini seluruh civitas akademika ITS dapat mengajukan pertanyaan secara terbuka kepada para bacarek,” ujarnya.

Sementara itu, Mochamad Ashari Rektor ITS menyambut baik regenerasi kepemimpinan ITS periode 2024-2029 yang telah berdaftar 20 bacarek tersebut.

Ashari berharap, rektor baru nanti dapat memaksimalkan strategi untuk mewujudkan Rencana Induk Pengembangan (Renip) ITS yang telah disusun hingga 2045.

“Melalui regenerasi ini, diharapkan rektor selanjutnya akan lebih lincah dan dinamis dalam mewujudkan cita-cita ITS,” pungkasnya.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs