Senin, 29 April 2024

30 Puskesmas di Sidoarjo Sudah Dilengkapi Fasilitas Pemeriksaan USG

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Salah seorang ibu hamil menunjukan hasil pemeriksaan USG di salah satu puskesmas Kabupaten Sidoarjo. Foto: suarasurabaya.net/ Diskominfo Kabupaten Sidoarjo

Sebanyak 30 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di 18 kecamatan Kabupaten Sidoarjo sudah dilengkapi peralatan ultrasonografi (USG) dua dimensi untuk mendeteksi ibu hamil dengan risiko tinggi.

Ahmad Mudhlor Bupati Sidoarjo mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo meningkatkan pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi yang akan lahir, serta mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil di Kabupaten Sidoarjo. Peralatan USG yang kami fasilitasi di puskesmas ini akan membantu dalam mendeteksi risiko tinggi sejak dini, sehingga tindakan medis yang tepat dapat segera diambil,” ucapnya, Kamis (5/10/2023) seperti dikutip laman resmi Pemkab Sidoarjo.

Sementara Fenny Apridawati Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mengatakan, peralatan USG yang disediakan di puskesmas ini dikelola oleh tim medis yang terlatih.

Hal ini diharapkan dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan ibu hamil seperti preeklampsia, diabetes gestasional, dan kelainan pada janin lainnya.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap ibu hamil di Kabupaten Sidoarjo dapat menerima perawatan yang terbaik. Fasilitas USG ini akan menjadi alat yang sangat berguna bagi tenaga medis dalam memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil,” tegasnya.

Fenny bilang, implementasi fasilitas USG ini menggunakan anggaran dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) untuk tujuh puskesmas, sedangkan 23 puskesmas lainnya mendapatkan hibah dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Dalam mengimplementasikan proyek ini, kami mendapatkan hibah dari kemenkes dan juga anggaran DBHCHT,” tambahnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mencatat data ibu hamil yang melakukan pemeriksaan USG di seluruh pelayanan kesehatan baik puskesmas, dokter spesialis, maupun rumah sakit rata-rata 3 ribu per bulan. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs