Minggu, 5 Mei 2024

Akademisi: Transportasi Umum Merupakan Solusi untuk Kurangi Polusi Udara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Transjakarta. Foto: Transjakarta

Prof. Sudharto P. Hadi Guru Besar Ilmu Lingkungan Hidup Universitas Diponegoro (Undip) menyatakan moda transportasi umum mampu mengurangi tingkat polusi udara di Jakarta.

Menurutnya, tingginya jumlah kendaraan pribadi ikut menyumbang peningkatan polusi udara. “Emisi gas buang dari mesin berbahan bakar minyak itu berdampak langsung kepada polusi udara,” katanya dilansir Antara pada Rabu (30/8/2023).

Saat ini, sektor transportasi masih tercatat menempati urutan tertinggi penyumbang polutan di Jakarta. Kata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penyebab penurunan kualitas udara di Jakarta berasal dari kendaraan dengan kontribusi 44 persen.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau beralih ke moda transportasi umum seperti kereta KRL dan LRT maupun bus TransJakarta.

“Pengguna kendaraan pribadi bisa segera beralih ke moda transportasi umum, mulai KRL, LRT dan TransJakarta yang saat ini sudah aman, murah dan terpercaya. Masyarakat tidak perlu gengsi menggunakan transportasi umum,” katanya.

Masyarakat juga harus segera didorong untuk segera sadar akan kesehatan bersama. Dengan menggunakan transportasi umum, maka emisi dari kendaraan pribadi berkurang serta akan berdampak pada turunnya polusi udara di Jakarta.

“Mungkin ini solusi yang terkesan reaktif. Tapi bisa cepat dijalankan menyusul sudah akutnya polusi udara di Jakarta,” kata Sudharto. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs